Rabu, 25/11/2020 09:52 WIB

Lho, Ternyata Telur Bisa Kurangi Resiko Stroke

Tahukah Anda bahwa satu butir telur ternyata memberikan manfaat besar yang tak hanya mencukupi protein? Makan satu telur tak hanya mengenyangkan, memang.

Telur bisa kurangi resiko stroke.(foto:net)

Tahukah Anda bahwa satu butir telur ternyata memberikan manfaat besar yang tak hanya mencukupi protein? Makan satu telur tak hanya mengenyangkan, memang. Menurut penelitian, satu telur besar diperkirakan berisi enam gram protein berkualitas tinggi dan antioksidan lutein serta zeaksantin, yang ditemukan di dalam kuning telur, serta vitamin E, D dan A

Sebuah jurnal dari American College of Nutrition, merilis hasil penelitian yang disponsori American Egg Board membuktikan bahwa mengonsumsi satu butir telur per hari berperan mengurangi resiko stroke hingga dua belas persen.

Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 33 tahun, antara 1982 - 2015, yang menilai hubungan antara telur dengan penyakit jantung koroner dengan jumlah subjek 276 ribu penyakit jantung koroner dan 308 ribu stroke.

Melalui kajian sistematis dan meta-analisis, penelitian tersebut mendapati simpulan bahwa mengonsumsi satu telur per hari tidak memiliki hubungan dengan penyakit jantung koroner, tapi ada pengurangan sebesar dua belas persen resiko stroke. Namun, peneliti menambahkan, masih diperlukan penelitian lain untuk memahami hubungan antara mengkonsumsi telur dan resiko stroke.

"Telur memang memiliki sumbangan nutrisi positif, termasuk anti-oksidan, yang telah diperlihatkan mengurangi tekanan oksidatif dan radang," kata Dominik Alexander, peneliti utama dari US Epidstat Institute, seperti dikutip dari Daiymail, Rabu (2/11).

Dr Tia Rains, dari Egg Nutrition Centre, mengatakan review sistematis dan meta-analisis telah menjelaskan penelitian sebelumnya, menunjukkan kurangnya hubungan antara telur dan penyakit jantung.

"Dan sekarang makan telur menunjukkan efek yang menguntungkan pada risiko stroke," ungkap Rains.[]

TAGS : jurnas makan satu butir telur penelitian kurangi resiko stroke american egg board egg nutrition




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :