Senin, 21/10/2019 05:35 WIB

Antisipasi Bencana, Plan Sambut Langkah Pemprov DKI

Plan International Indonesia serukan dukungan terhadap langkah pemerintah provinsi (pemprov) DKI Jakarta dalam mengatasi dan menghadapi bencana di ibu kota.

Wahyu Triwahyudi, Program Strategy Manager Plan International Indonesia didampingi Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama

Jakarta - Plan International Indonesia menyerukan dukungan terhadap langkah tanggap pemerintah provinsi (pemprov) DKI Jakarta dalam mengatasi dan menghadapi bencana di ibu kota. Pernyataan ini disampaikan oleh Program Strategy Manager Plan International Indonesia, Wahyu Triwahyudi kepada Jurnas.com, Senin (24/10).

“Plan menyatakan dukungan bagi pemerintah DKI Jakarta dalam hal pengelolaan bencana, baik pra, saat, dan pasca bencana,” ujar Wahyu.

Menurut Wahyu, pihaknya tidak hanya menyatakan kesediaannya sebagai mitra pemerintah DKI Jakarta dalam pengelolaan bencana. Plan International Indonesia hingga saat ini juga turut aktif dalam meningkatkan jaminan mutu keselamatan sekolah di Jakarta, yang dinamakan Program Sekolah Aman.

Program Sekolah Aman menekankan pada pengembangan tiga pilar, yaitu sarana dan prasarana sekolah yang aman; manajemen penanggulangan bencana di sekolah; dan pendidikan pengurangan risiko bencana. 

“Kami memiliki komitmen untuk implementasi program sekolah aman di sekitar 50 sekolah dasar di Jakarta,” tambahnya.

Sebelumnya, Jumat (21/10) kemarin, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menggandeng 14 instansi dalam rangka penanggulangan bencana di ibu kota. Termasuk di dalamnya Plan International Indonesia, Yayasan Sayangi Tunas Cilik Partner of Save The Children Indonesia, Jakarta Rescue, Yayasan Tanggul Bencana di Indonesia, Yayasan Kausa Resiliensi Indonesia, Yayasan Aksi Cepat Tanggap, Yayasan Forum Pengurangan Resiko Bencana DKI Jakarta, Indonesia Offroad Federation, Organisasi Amatir Radio Indonesia DKI Jakarta, Whitesky Aviation, PT Airbus Helicopter Indonesia, dan PT Pratama Beverages Solution.

“Kami menyambut baik kerjasama ini. Karena partisipasi dari semua pihak sangat penting, agar tidak berjalan sendiri-sendiri,” ungkap Ahok di Balai Kota DKI Jakarta.

TAGS : Plan International Indonesia DKI Jakarta Ahok Antisipasi Bencana




TERPOPULER :