Minggu, 18/04/2021 12:18 WIB

Sinergi Kampus-Industri Kurangi Ketergantungan Lisensi Asing

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Nizam menyebut kolaborasi industri dan perguruan tinggi di platform daring Kedaireka, manfaatnya akan mengalir ke masyarakat dan dimanfaatkan oleh industri.

Dirjen Dikti Kemdikbud Nizam (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Nizam menyebut kolaborasi industri dan perguruan tinggi di platform daring Kedaireka, manfaatnya akan mengalir ke masyarakat dan dimanfaatkan oleh industri.

Dia mengatakan saat ini masih banyak industri yang masih tergantung dari lisensi asing. Karena itu, perguruan tinggi diharapkan menjadi tulang punggung dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan hasil penelitiannya dimanfaatkan untuk menggerakkan industri dan memajukan ekonomi, serta membangun kedaulatan teknologi di Indonesia.

Namun Nizam menegaskan perguruan tinggi dan industri tidak dapat berjalan sendiri-sendiri untuk menciptakan ekosistem reka cipta. Sinergi tersebut harus melibatkan beberapa aspek pendukung lainnya yang tergabung dalam pentahelix.

"Sinergi pentahelix, di antaranya dari akademisi atau perguruan tinggi, dunia usaha dan dunia industri, komunitas/masyarakat sebagai penerima manfaat akhir dari setiap sinergi yang dihasilkan, dunia perbankan yang akan membantu dalam pengembangan usaha, dan pemerintah, serta di bantu oleh media," kata Nizam dalam keterangannya pada Selasa (2/3).

Nizam menambahkan dengan sinergi pentahelix di tambah dengan media akan menciptakan kekuatan dalam membangun kedaulatan bangsa dan negara, terutama dalam membangun kedaulatan dan daya saing bangsa.

Kedaireka menciptakan kerja sama antara perguruan tinggi dan industri yang diakselerasi oleh Kedaireka. Sementara pemerintah hadir dengan dana pendamping yang akan meminimalisasi risiko yang akan terjadi dalam pengembangan inovasi hasil kerja sama perguruan tinggi dan industri.

Kedaireka akan menjadi etalase bagi perguruan tinggi untuk menawarkan berbagai reka ciptanya kepada industri, sebagai pilihan solusi untuk setiap permasalahan yang terjadi di industri.

"Rekacipta merupakan kreatifitas yang diwujudkan dalam ciptaan atau berwujud dan berguna bagi masyarakat," tandas Nizam.

TAGS : Ditjen Dikti Nizam Kedaireka Perguruan Tinggi Industri




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :