Sabtu, 20/04/2024 15:33 WIB

Ayatollah Ali Khamenei Tantang Joe Biden Cabut Sanksi Iran

Washington akan mengikuti dan menggunakannya sebagai batu loncatan untuk perjanjian yang lebih luas untuk membatasi pengembangan rudal Iran dan kegiatan regional.

Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Ali Khamenei (Foto: Tehran Time)

Teheran, Jurnas.com  Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei mengatakan, Amerika Serikat (AS) harus mencabut semua sanksi jika Washington ingin Teheran membatalkan langkah-langkah nuklirnya.

"Iran telah memenuhi semua kewajibannya berdasarkan kesepakatan nuklir 2015, bukan As dan tiga negara Eropa. Jika mereka ingin Iran kembali pada komitmennya, AS harus mencabut semua sanksi terlebih dahulu," tulis Khamenei di Twitter pada Minggu (7/2).

"Setelah memverifikasi apakah semua sanksi telah dicabut, maka kami akan kembali ke kepatuhan penuh," tulisnya.

Presiden AS, Joe Biden, yang menjabat bulan lalu mengatakan, jika Teheran kembali mematuhi pakta nuklir 2015, Washington akan mengikuti dan menggunakannya sebagai batu loncatan untuk perjanjian yang lebih luas untuk membatasi pengembangan rudal Iran dan kegiatan regional.

Mantan Presiden AS, Donald Trump keluar dari perjanjian nuklir antara Iran dan enam kekuatan pada 2018 dan menerapkan kembali sanksi terhadap Teheran.

Iran telah melanggar kesepakatan sebagai tanggapan langkah demi langkah terhadap kebijakan tekanan maksimum Trump, tetapi berulang kali mengatakan pihaknya dapat dengan cepat membalikkan pelanggaran itu jika sanksi AS dicabut. (Reuters)

KEYWORD :

Amerika Serikat Iran Ayatollah Ali Khamenei Joe Biden




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :