Sabtu, 20/04/2024 04:56 WIB

Dilantik Jadi Kapolri, Gus Jazil Sebutkan Deretan PR Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Intinya tantangan internalnya mereformasi jajaran kepolisian yang lebih mengayomi, melindungi, melayani untuk kepentingan kamtibmas.

wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid

Jakarta, Jurnas.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis di Istana Negara, Rabu (27/1/2021).

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengatakan, ada sejumlah pekerjaan rumah (PR) yang harus menjadi perhatian Listyo Sigit.

”Ya tentu kita mengucapkan selamat kepada Kapolri yang baru Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang diangkat oleh Presiden dan juga disetujui oleh DPR. Mudah-mudahan sukses menjalankan amanah yang telah diberikan,” ujar Jazilul Fawaid, Kamis (28/1/2021).

Dikatakan anggota Komisi III DPR ini, tantangan atau PR pertama yakni menyelesaikan persoalan di internal Polri yakni melanjutkan penguatan reformasi internal di jajaran Kepolisian sebelumnya sudah dilakukan beberapa Kapolri terdahulu.

“Ini perlu agar polisi menjadi polisi yang profesional dan terpercaya. Ya kalau sekarang tambah lagi dapat memprediksi kamtibmas yang menjadi ancaman,” katanya.

Seperti yang disampaikan saat uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di hadapan Komisi III DPR, Listyo Sigit Prabowo memiliki motto Presisi, yakni prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan.

”Intinya tantangan internalnya mereformasi jajaran kepolisian yang lebih mengayomi, melindungi, melayani untuk kepentingan kamtibmas,” katanya. Kapolri juga perlu melakukan konsolidasi internal, termasuk mengisi jabatan-jabatan yang kosong.

PR kedua yakni yakni bagaimana Kapolri baru bisa membantu pemerintah dan masyarakat untuk terhindar dari pandemi Covid-19 dengan menegakkan protokol kedisiplinan masyarakat sehingga aman dari ancaman Covid-19.

“Selain itu, menciptakan iklim keamanan, investasi dan berusaha karena pandemi ini memiliki dampak pada sisi ekonomi yang memburuk. Ini tantangan yang berat juga. Jajaran Kepolisian harus memberikan jaminan rasa aman kepada pelaku usaha, baik pelaku usaha kecil menengah dari luar maupun dalam negeri, ini penting,” katanya.

Dikatakan Gus Jazil, hal ini bukan persoalan mudah karena ekonomi bisa berkembang jika keamanan terjamin. Ketiga, menuntaskan kasus-kasus yang selama ini ditangani jajaran Kepolisian.

”Utamanya kasus-kasus yang menjadi perhatian publik agar dituntaskan secara cepat. Ini tantangan jangka pendeknya, menuntaskan berbagai kasus yang sekarang sedang ditangani. Apakah itu ujaran kebencian atau tindak pidana yang lain, media sosial yang seringkali dijadikan tempat untuk menyebar fitnah,” katanya.

KEYWORD :

Kinerja MPR Jazilul Fawaid Kapolri Listyo Sigit Internal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :