Sabtu, 06/03/2021 21:37 WIB

China Gunakan Metode Swab Tes Anal Deteksi COVID-19

Petugas kesehatan melakukan uji usap (swab) PCR kepada warga (Foto: AFP)

Beijing, Jurnas.com - Otoritas kesehtan China telah mulai menggunakan tes swab anal untuk menguji mereka yang dianggap berisiko tinggi tertular virus corona (COVID-19).

Pejabat mengambil swab anal dari penduduk lingkungan dengan kasus COVID-19 yang dikonfirmasi di Beijing minggu lalu, kata penyiar CCTV, sementara mereka yang berada di fasilitas karantina yang ditunjuk juga telah menjalani tes.

Wabah kecil yang terlokalisasi dalam beberapa pekan terakhir telah menyebabkan beberapa kota di China utara ditutup dari seluruh negara dan mendorong kampanye pengujian massal, yang hingga sekarang sebagian besar dilakukan menggunakan penyeka tenggorokan dan hidung.

"Metode swab anal dapat meningkatkan tingkat deteksi orang yang terinfeksi karena jejak virus bertahan lebih lama di anus daripada di saluran pernapasan," kata Li Tongzeng, seorang dokter senior dari Rumah Sakit You`an Beijing, kepada CCTV.

Metode usap anal dilaporkan melibatkan penyisipan kapas yang direndam garam untuk kemudian dimasukkan sekitar 3 hingga 5 sentimeter (sekitar 1 hingga 2 inci) ke dalam anus, dengan sampel kemudian diuji untuk jejak aktif virus.

 

CCTV mengatakan pada Minggu usapan anal tidak akan digunakan seluas metode lain, karena teknik itu tidak nyaman.

Kasus-kasus meningkat di seluruh dunia, China telah memberlakukan persyaratan yang lebih ketat pada kedatangan internasional dalam upaya menjaga transmisi domestik mendekati nol.

Negara itu juga memperketat pembatasan di dalam negeri, dengan Beijing mengumumkan bahwa orang-orang dari daerah berisiko menengah atau tinggi akan dilarang masuk kota mulai Kamis untuk mengurangi risiko penularan virus selama periode Tahun Baru Imlek.

Sementara itu, kedatangan ke negara tersebut harus memiliki beberapa hasil tes negatif dan karantina setidaknya selama 14 hari di hotel yang ditunjuk pada saat kedatangan, dengan banyak kota dan wilayah yang memberlakukan persyaratan observasi rumah tambahan.

TAGS : Tes Swab Anal China Deteksi Corona




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :