Jum'at, 19/04/2024 21:43 WIB

Ketegangan China-Taiwan Meningkat Beberapa hari Setelah Kepresidenan Biden

China memandang Taiwan secara demokratis memerintah sebagai wilayahnya sendiri, dan dalam beberapa bulan terakhir telah meningkatkan aktivitas militer di dekat pulau itu.

Pemerintahan Biden mengatakan komitmennya ke Taiwan kokoh.

Jurnas.com - 1 Pesawat angkatan udara China termasuk 12 jet tempur memasuki zona identifikasi pertahanan udara Taiwan untuk hari kedua pada Minggu, kata Taiwan, ketika ketegangan meningkat di dekat pulau itu hanya beberapa hari setelah pemerintahan baru Presiden AS Joe Biden.

China memandang Taiwan secara demokratis memerintah sebagai wilayahnya sendiri, dan dalam beberapa bulan terakhir telah meningkatkan aktivitas militer di dekat pulau itu.

Tetapi aktivitas China selama akhir pekan menandai peningkatan pengiriman pesawat tempur dan pembom dari pesawat pengintai seperti yang umumnya terjadi dalam beberapa pekan terakhir.

Setelah delapan pesawat pembom China dan empat jet tempur terbang ke zona pertahanan Taiwan pada Sabtu, antara daratan Taiwan dan Kepulauan Pratas yang dikuasai Taiwan di Laut China Selatan, 15 lagi terbang ke ruang udara yang sama pada Minggu, kata Taiwan.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan China mengirim enam jet tempur J-10, empat J-16, dua SU-30, satu pesawat pengintai Y-8 dan dua pesawat anti-kapal selam Y-8.

Angkatan udara Taiwan dikirim untuk menanggapi, tambahnya.

"Serangan peringatan lintas udara telah ditugaskan, peringatan radio dikeluarkan dan sistem rudal pertahanan udara dikerahkan untuk memantau aktivitas tersebut," kata kementerian itu.

China belum berkomentar. Sebelumnya dikatakan tindakan semacam itu ditujukan untuk mempertahankan kedaulatan negara dan dirancang sebagai peringatan terhadap "kolusi" antara Amerika Serikat dan Taiwan.

Langkah tersebut kemungkinan akan semakin mengkhawatirkan Washington, yang pada Sabtu mendesak China untuk berhenti menekan Taiwan dan menegaskan kembali komitmennya terhadap pulau itu dan keinginan untuk memperdalam hubungan.

Sebelumnya pada Minggu, militer AS mengatakan bahwa kelompok kapal induk AS yang dipimpin oleh USS Theodore Roosevelt telah memasuki Laut China Selatan yang disengketakan untuk mempromosikan "kebebasan laut".

Biden dilantik hanya pada hari Rabu. Pemerintahannya mengatakan komitmennya ke Taiwan "kokoh".

Amerika Serikat, seperti kebanyakan negara, tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan, tetapi terikat oleh hukum untuk menyediakan pulau itu sarana untuk mempertahankan diri.

KEYWORD :

China Taiwan Pesawat Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :