Jum'at, 19/04/2024 14:46 WIB

Buku Merawat Pertiwi Jadi Kado Ultah ke-74 Megawati

Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam Diungkap Dalam Buku Berjudul Merawat Pertiwi

Megawati Soekarnoputri

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mendapat hadiah buku berjudul Merawat Pertiwi dalam peringatan Ulang Tahun (Ultah) ke-74 pada 23 Januari 2021.

Kado buku “Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam” dipersembahkan oleh seluruh anggota dan Kader PDI Perjuangan sebagai rasa syukur, sekaligus berdoa agar Megawati Soekarnoputri selalu mendapatkan rahmat kesehatan, dan panjang umur.

"Ibu Megawati Soekarnoputri tidak hanya seorang pemimpin bagi kami. Beliau telah memberikan keteladanan bagaimana berpolitik itu harus digerakkan oleh semangat juang, dan keyakinan di dalam setiap langkah politik atas dasar terang ideologi Pancasila," ujar Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Sabtu (23/1/2021).

Buku “Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam ditulis selama 2 (dua) tahun oleh Kristin Samah dan Maria Karsia dengan prolog dari Hasto Kristiyanto dan epilog Sonny Keraf.

Dalam buku itu digambarkan betapa mendalamnya kecintaan Megawati terhadap alam dan mencintai bumi. Melalui tradisi menanam, Ibu Megawati melakukan kontemplasi. Menanam pohon penuh dengan falsafah kehidupan. Bukan hanya mencintai alam raya dan seisinya, juga memberikan oksigen bagi kehidupan.

"Seluruh gerak mencintai alam raya dan seisinya tersebut kini bertransformasi menjadi kultur Partai. Setiap anggota dan kader PDI Perjuangan, tergerakkan oleh tradisi Beliau untuk ikut menjaga dan mencintai bumi," tegas Hasto.

Karena itulah, lanjutnya, ultah Ibu Megawati juga diisi dengan gerakan menanam pohon dan membersihkan sungai. Tapi karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM) di Jawa-Bali, maka gerakan jaga bumi hanya dilaksanakan di luar Jawa Bali.

"Menanam sebagai jalan hidup, agar alam raya berada dalam keseimbangan yang asri, indah, dan lestari terus kami perkuat sebagai bagian bentuk dedikasi PDI Perjuangan pada Sang Pencipta, Tuhan Yang Maha Kuasa," paparnya.

Ultah Megawati sendiri tak dirayakan secara khusus mengingat pandemi Covid-19 dan kebijakan PPKM dari pemerintah.

KEYWORD :

Megawati Soekarnoputri Merawat Pertiwi Mencintai Bumi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :