Kamis, 04/03/2021 22:59 WIB

Vaksin COVID-19 Besutan India Mendarat di Myanmar

India menyumbangkan jutaan dosis vaksin ke sejumlah negara di Asia, bahkan sudah berhasil menyaingi dominasi kehadiran China di wilayah tersebut.

Ilustrasi Vaksin

Yangon, Jurnas.com - Myanmar  menerima 1,5 juta dosis vaksin virus corona (COVID-19) yang dipasok oleh India untuk menginokulasi 750.000 orang. Dosis pertama tiba di negara Asia Tenggara pada Jumat (22/1).

Dilansir dari Reuters, India menyumbangkan jutaan dosis vaksin ke sejumlah negara di Asia, bahkan sudah berhasil menyaingi dominasi kehadiran China di wilayah tersebut.

Pengiriman vaksin AstraZeneca yang diproduksi  Serum Institute of India, produsen vaksin terbesar di dunia, telah sampai ke Maladewa, Bhutan, Bangladesh, dan Nepal.

Myanmar termasuk di antara negara-negara berikutnya yang mendapatkan pengiriman gratis karena India pindah sebelum China yang juga berjanji untuk memasok vaksin ke tetangganya.

"Ini adalah hadiah dari India untuk Myanmar," kata Duta besar India untuk Myanmar, Saurabh Kumar, kepada wartawan di bandara Yangon, tempat dia mengawasi kedatangan vaksin.

Juru bicara kementerian kesehatan Myanmar Khin Khin Gyi, mengatakan vaksin itu akan disimpan di Yangon di kamar berpendingin khusus sebelum diluncurkan minggu depan.

"Petugas kesehatan akan menjadi prioritas pertama dan orang tua akan menjadi yang berikutnya," katanya, mencatat Myanmar memiliki lebih dari 110.000 pekerja medis.

Terlepas dari kedatangan vaksin, Khin Khin Gyi mendesak orang-orang di Myanmar untuk tidak berpuas diri dan mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut.

Setelah memuat jumlah kasus COVID-19 di awal pandemi, Myanmar kini berjuang dengan gelombang kedua, mencatat lebih dari 136.000 kasus dan 3.000 kematian.

Jumlah kasus baru setiap hari telah menurun baru-baru ini, meskipun para ahli medis mengatakan tidak mungkin memberikan gambaran lengkap mengingat tingkat pengujian yang relatif rendah.

Menteri Luar Negeri China, Wang Yi dalam kunjungannya minggu lalu menjanjikan Myanmar 300.000 dosis vaksin COVID-19 China

TAGS : Myanmar Vaksin India Vaksin COVID-19 Asia Tenggara




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :