Sabtu, 20/04/2024 06:17 WIB

Pfizer Pangkas Volume Vaksin COVID-19 ke Uni Eropa

Tetapi Institut Serum Denmark mengatakan kehilangan 50 persen tembakannya minggu ini akan menyebabkan kekurangan 10 persen untuk kuartal pertama.

Vaksin virus corona baru (COVID-19) buatan Pfizer. (Foto: Reuters)

Bucharest, Jurnas.com - Pfizer telah memangkas setengah volume vaksin virus corona (COVID-19) yang akan dikirimkan ke beberapa negara Uni Eropa minggu ini.

Rumania akan mendapatkan 50 persen dari volume yang direncanakan minggu ini dan pasokan hanya akan meningkat secara bertahap, dengan pengiriman tidak kembali normal hingga akhir Maret, Wakil Menteri Kesehatan Andrei Baciu mengatakan kepada Reuters.

Situasi serupa juga terjadi di Polandia yang pada Senin menerima 176.000 dosis, turun sekitar 50 persen dari yang diharapkan, kata pihak berwenang.

Pemerintah Ceko bersiap menghadapi gangguan yang terjadi pada minggu-minggu terakhir, memperlambat kampanye vaksinasi tepat ketika dosis kedua vaksinasi sedang berlangsung.

"Kami berharap akan ada pengurangan jumlah janji vaksinasi terbuka dalam tiga minggu ke depan," kata Menteri Kesehatan Jan Blatny kepada wartawan pada Kamis. Pengiriman pasokan Pfizer turun sekitar 15 persen minggu ini dan sebanyak 30 persen selama dua minggu berikutnya.

Pfizer dan mitranya dari Jerman, BioNTech, menolak mengomentari pemotongan di luar pernyataan mereka pekan lalu, yang mengumumkan pemotongan pengiriman saat mereka meningkatkan manufaktur di Eropa.

Beberapa negara merasa mereka bisa mengatasinya. Norwegia memiliki persediaan darurat dan akan terus memberikan dosis sesuai rencana, kata badan kesehatan masyarakat pemerintah.

Produsen obat Amerika Serikat (AS) itu telah memberi tahu Bulgaria dan Polandia bahwa mereka akan mengganti dosis yang hilang, kata pejabat tinggi.

Tetapi Institut Serum Denmark mengatakan kehilangan 50 persen tembakannya minggu ini akan menyebabkan kekurangan 10 persen untuk kuartal pertama.

Dengan pemerintah di seluruh wilayah masih belum pulih dari pemotongan yang mengejutkan, para pejabat mengatakan pengurangan tersebut merusak upaya mereka untuk menyuntik warganya dan menjinakkan pandemi yang telah menewaskan lebih dari 2 juta orang.

Pada hari Rabu, Italia mengancam akan melakukan tindakan hukum terhadap Pfizer.

Di Hongaria, di mana pihak berwenang mengizinkan penggunaan vaksin AstraZeneca Inggris dan Sputnik V Rusia sebelum regulator obat UE, seorang pejabat senior meminta Brussels untuk mencoba dan memastikan pengiriman dari Pfizer dan pembuat vaksin lainnya akan sesuai dengan jadwal.

"Kami akan senang jika Komisi (Eropa) dapat mengambil langkah secepat mungkin untuk memastikan bahwa Pfizer dan pabrikan lain akan mengubah pengiriman," kata kepala staf Perdana Menteri Viktor Orban Gergely Gulyas.

Masalahnya telah menyebar ke negara-negara di luar blok perdagangan juga - Kanada menghadapi penundaan seperti halnya Swiss, di mana kanton pegunungan Grisons hanya mendapat 1.000 tembakan dari Pfizer minggu ini, jauh dari 3.000 yang telah diantisipasi.

KEYWORD :

Vaksin Pfize Vaksin BioNTech Amerika Serikat Uni Eropa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :