Jum'at, 26/04/2024 04:11 WIB

NasDem Yakin Pam Swakarsa Bentukan Komjen Listyo Beda dengan Masa Lalu

Program calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo yang akan membuat kembali Pam Swakarsa diyakini berbeda dengan masa lalu.

Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem, Ahmad Ali

Jakarta, Jurnas.com - Program Komjen Listyo Sigit Prabowo yang akan membuat kembali Pam Swakarsa diyakini berbeda dengan masa lalu.

Hal itu diutarakan Wakil Ketua Umum NasDem, Ahmad Ali saat dikontak, Kamis (21/1).

"Iya, pasti berbeda. Kalau ini kan oleh kepolisian untuk kepentingan pengamanan lingkungannya sendiri. Jadi bukan Pam Swakarsa yang dalam artian seperti dulu," jelasnya.

Anggota Komisi III DPR RI itu memahami apabila ada sebagian masyarakat yang trauma terhadap istilah Pam Swakarsa. Namun ia yakin Pam Swakarsa saat ini tidak ditujukan untuk membungkam orang yang berseberangan dengan pemerintah.

"Tapi di sisi lain kita pahami ketika ada traumatik masyarakat ketika Pam Swakarsa hidup kembali, maka yang ada di pikiran masyarakat adalah kelompok orang yang diorganisir untuk melakukan menjadi alat kekuasaan untuk membungkam orang yang berseberangan dengan pemerintah, bukan dalam konteks itu," jelasnya.

Menurut Ali, Pam Swakarsa yang dimaksud Komjen Listyo Sigit lebih menekankan dalam aspek pengamanan lingkungan. 

Dia yakin Komjen Listyo Sigit tidak akan menggunakan Pam Swakarsa untuk mengorganisir hal yang bertentangan dengan hukum di Tanah Air.

"Tapi ini lebih dalam konteks menjaga lingkungannya dan melibatkan masyarakat dalam pengamanan permasalahan di lingkungannya. Saya pikir itu," terangnya.

"Saya percaya Pak Sigit ataupun kepolisian ini lebih pada bukan untuk mengorganisir hal-hal yang bertentangan hukum," sambung Ali.

Kapolri Jenderal Idham Azis pada September 2020 mengeluarkan aturan mengenai Pam Swakarsa. Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo juga memasukkan `peningkatan peran Pam Swakarsa` dalam salah satu program prioritasnya.

Komjen Listyo Sigit menyebut Pam Swakarsa perlu diaktifkan, maka dihidupkan kembali. Pam Swakarsa, kata Komjen Listyo Sigit Prabowo, dihidupkan kembali tersambung dengan teknologi informasi.

KEYWORD :

Komisi III DPR NasDem Ahmad Ali Pam Swakarsa Kapolri Listyo Sigit Prabowo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :