Sabtu, 06/03/2021 21:24 WIB

Sahroni: Komjen Listyo Harus Mampu Tingkatkan Citra dan Wibawa Polri

Komisi III DPR RI berharap calon Kapolri terpilih Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bisa sungguh-sungguh dan mampu meningkatkan citra dan wibawa lembaga Polri sebagai alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban, serta menegakkan hukum.

Anggota Komisi III DPR RI F-NasDem, Ahmad Sahroni.

Jakarta, Jurnas.com - Komisi III DPR RI berharap calon Kapolri terpilih Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bisa sungguh-sungguh dan mampu meningkatkan citra dan wibawa lembaga Polri sebagai alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban, serta menegakkan hukum.

Demikian dikatakan Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni saat menyampaikan pidato laporan Komisi III di hadapan rapat paripurna, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (21/1).

"Memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri," kata dia.

Politisi NasDem ini juga menerangkan, Komisi III menyadari dan memahami bahwa kecakapan, integritas dan kompetensi Calon Kapolri merupakan prasyarat mutlak untuk menjadi Kapolri. 

Atas dasar itu Komisi III menyetujui untuk mengangkat Calon Kapolri yang diusulkan Presiden RI. 

Komisi III juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Jenderal Pol Idham Azis yang telah mencurahkan seluruh tenaga dan pikirannya secara profesional dalam melaksanakan tugasnya demi terciptanya keamanan dan ketertiban negeri.

Sahroni juga mengungkapkan, uji kelayakan dan kepatutan merupakan komitmen Komisi III dalam melakukan penilaian dan kesungguhan terhadap Calon Kapolri. Setelah dilakukan proses uji kelayakan dan kepatutan, dilanjutkan dengan rapat pleno untuk mendengarkan pandangan fraksi-fraksi.

Berdasarkan keputusan rapat pleno tersebut, Komisi III melalui pandangan fraksi-fraksi secara mufakat menyetujui untuk memberhentikan Jenderal Pol Drs. Idham Azis, M.Si sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Selanjutnya menyetujui untuk mengangkat Komisaris Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. 

TAGS : Komisi III DPR NasDem Ahmad Sahroni Kapolri Listyo Sigit Prabowo




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :