Senin, 08/03/2021 13:21 WIB

Biden-Haris Dilantik, Christina: Momentum Penguatan Hubungan Indonesia-Amerika

Janji kampanye Presiden Biden mendorong kenaikan upah minimum federal.

Christina Aryani, Anggota Komisi I DPR RI, Wasekjen Partai Golkar

Jakarta, Jurnas.com - Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat ke-46, Joe Biden - Kamalla Haris mendapat sambutan positif bagi berbagai kalangan di dunia internasional, termasuk Indonesia.

Anggota Komisi I DPR-RI, Fraksi Partai Golkar, Christina Aryani, SE, SH, MH mengatakan, pelantikan Joe Biden - Kamalla Haris menjadi kesempatan untuk membangun penguatan hubungan maupun kemitraan yang lebih strategis antar Indonesia-Amerika.

"Beberapa aspek yang menjadi perhatian diantaranya terkait janji kampanye Presiden Biden mendorong kenaikan upah minimum federal yang akan berdampak pada daya beli masyarakatnya sehingga berpeluang meningkatkan nilai ekspor kita ke AS," ujar Christina Aryani dalam keterangan tertulis, Kamis (21/1/2021).

Christina memprediksi Presiden Biden akan memberi perhatian khusus terhadap Indonesia, karena memiliki posisi dan peran strategis di jantung Indo Pasifik, juga merupakan negara Muslim terbesar di dunia.

Karena itu, Christina mendorong agar Kemenlu segera memulai proses agar Indonesia dapat kembali memiliki dubes definitif di AS, sehingga akselerasi hubungan kedua negara dapat segera dijalankan.

"Sebagaimana kita ketahui, posisi ini kosong pasca ditugaskannya Dubes Lutfi sebagai Menteri Perdagangan," jelas wanita berparas ayu itu.

Watak kepemimpinan inklusif yang selama ini dikampanyekan Biden-Haris, lanjut Christina, menjadikan agenda besar demokrasi sebagai kesempatan yang baik bagi kedua negara untuk membangun kerjasama ke depan.

Adapun dalam konteks perang bersama pandemi Covid -19, Christina menilai Presiden Biden akan menjadikan Indonesia sebagai mitra penting Amerika dalam membangun langkah-langkah strategis dan upaya diplomasi memerangi wabah Covid-19 di tanah air.

"Kami mengucapkan selamat kepada rakyat AS atas pelantikan presiden-wapres terpilihnya. Di tengah memanasnya suhu politik di Amerika Serikat kami berharap estafet kepemimpinan akan berlangsung aman dan damai," tuntas Christina Aryani.

TAGS : Joe Biden Amerika Serikat Chriatina Aryani Komisi I DPR Fraksi Partai Golkar




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :