Kamis, 25/04/2024 19:12 WIB

F-PKB Akan Tanya Langsung Komjen Listyo Soal Pelibatan Pesantren Jaga Keamanan

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bakal mengajukan pendalaman seputar fungsi pondok pesantren (ponpes) kepada calon Kapolri tunggal, Komjen Listyo Sigit Prabowo saat fit and proper test, Rabu (20/1) besok.

Calon Tunggal Kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo

Jakarta, Jurnas.com - Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bakal mengajukan pendalaman seputar fungsi pondok pesantren (ponpes) kepada calon Kapolri tunggal, Komjen Listyo Sigit Prabowo saat fit and proper test, Rabu (20/1) besok.

Hal ini dikatakan, Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (19/1).

"F-PKB salah satunya akan mengajukan pendalaman terkait prosedur keamanan dalam penegakan prokes pada lembaga pendidikan, utamanya di pondok pesantren. Sekaligus pelibatan pesantren dalam menjaga ketertiban dan keamanan," jelas pria yang biasa disapa Gus Jazil ini.

Dia mengatakan, pihaknya juga akan mendalami reformasi internal Polri kepada Komjen Listyo. Ia akan memastikan proses reformasi internal Polri dapat terus berjalan secara profesional dan adil.

"Termasuk juga akan mendukung reformasi internal Polri agar profesional, bijaksana, dan adil dalam memberikan pelayanan, pengayoman, dan melindungi masyarakat dari berbagai kejahatan dan kriminalitas," terang Gus Jazil.

Dia menambahkan, uji kelayakan calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo akan dimulai dengan pemaparan visi-misi Komjen Listyo. Kemudian, akan dilanjutkan dengan tanya-jawab dari semua Fraksi DPR RI.

"Besok Rabu Legi terjadwal pukul 10.00 pagi dimulai dengan pemaparan misi dan visi calon Kapolri dan dilanjutkan dialog dan tanya jawab dari semua fraksi," ujarnya.

Presiden Joko Widodo telah mengajukan calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo. Uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test akan digelar Rabu, 20 Januari 2021, oleh Komisi III DPR.

Makalah calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo sudah diserahkan ke Komisi III DPR RI. Makalah itu akan digunakan saat fit and proper test atau uji kepatutan Komjen Sigit selaku calon Kapolri.

KEYWORD :

Komisi III DPR PKB Gus Jazil Fit and Proper Test Kapolri Listyo Sigit Prabowo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :