Minggu, 28/02/2021 01:51 WIB

Gurun Sahara Diselimuti Salju, Arab Saudi Mencapai Suhu Dingin -2C

Para peneliti yang mempelajari perubahan curah hujan di wilayah Sahara menemukan bahwa gurun telah tumbuh secara signifikan selama seabad terakhir karena perubahan iklim.

Seorang fotografer menangkap gambar unta setelah hujan salju di wilayah Tabuk di barat laut Arab Saudi. (Foto: )

Jurnas.com - Gurun SAHARA telah dilanda ledakan es dengan suhu di bawah titik beku. Salju juga menyelimuti sebagian Arab Saudi yang terkena merkuri -2C.

Daerah yang dekat dengan perbatasan dengan Yordania mengalami cuaca yang tidak biasa pada bulan ini.

Gurun dapat mengalami suhu tertinggi hingga 50C selama musim panas, tetapi suhu bulan ini turun di bawah nol.

Pada 10 Januari, penduduk setempat di wilayah pegunungan disuguhi hujan salju.

Salju juga turun di dekat kota gurun Aïn Séfra di Aljazair minggu ini.

Aïn Séfra dikenal sebagai "Gerbang Menuju Gurun" berada sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh Pegunungan Atlas.

Salju juga turun di Lebanon, Suriah dan Iran - di mana beberapa daerah terkubur di bawah 4 kaki

Bukan untuk pertama kalinya, Arab Saudi juga pernah turun salju pada tahun 2018, namun Januari 2021 adalah bulan terdingin di Arab Saudi, dengan suhu rata-rata 20-2C.

Tabuk adalah salah satu daerah terdingin di negara ini, tetapi biasanya mengalami cuaca kering dengan suhu rata-rata 4C.

Ahli meteorologi senior AccuWeather, Eric Leister, mengatakan meski jarang ada wilayah yang bersalju, itu tidak sepenuhnya luar biasa.

Para peneliti yang mempelajari perubahan curah hujan di wilayah Sahara menemukan bahwa gurun telah tumbuh secara signifikan selama seabad terakhir karena perubahan iklim.

Profesor Sumant Nigam, seorang ilmuwan atmosfer dan kelautan di University of Maryland dan penulis senior studi tersebut, mengatakan: "Hasil kami khusus untuk Sahara, tetapi kemungkinan memiliki implikasi untuk gurun lainnya di dunia."

TAGS : Salju Arab Saudi Perubahan Iklim Eric Leister




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :