Senin, 08/03/2021 12:48 WIB

Ribuan Orang Demo di Belanda Tolak Lockdown

Ribuan orang menggelar protes di Amsterdam, Belanda pada Minggu (17/1) kemarin untuk menentang penguncian (lockdown) nasional.

Demo di Amsterdam, Belanda (Foto: Daily Express)

Amsterdam, Jurnas.com - Ribuan orang menggelar protes di Amsterdam, Belanda pada Minggu (17/1) siang untuk menentang penguncian (lockdown) nasional.

Para pengunjuk rasa berkumpul di alun-alun di depan galeri seni Rijksmuseum dan Museum Van Gogh, membawa tanda bertuliskan "Kebebasan: Hentikan Pengepungan Ini" dan meneriakkan "Apa yang kita inginkan? Kebebasan!".

Tidak ada demonstran yang memakai masker, dan hanya sedikit yang menerapkan aturan jarak sosial (social distancing) yang diberlakukan pemerintah.

Pihak berwenang sebelumnya menolak permohonan aksi demo yang akan diadakan di Museum Square. Para demonstran juga menolak pergi ketika polisi memukul mundur dengan melemparkan kembang api.

Dikutip dari Reuters, polisi anti huru hara akhirnya menggunakan meriam air untuk membubarkan demonstrasi.

Pemerintah Belanda menutup sekolah dan sebagian besar toko pada Desember tahun lalu untuk membendung lonjakan kasus Covid-19. Dan minggu ini, lockdown diperpanjang tiga minggu ke depan.

Di awal pandemi, Belanda memilih enggan memberlakukan pembatasan sosial dibandingkan kebanyakan negara tetangganya. Namun gelombang kasus pada musim dingin memaksa negara Kincir Angin itu memperketat pembatasan.

TAGS : Penguncian Nasional Lockdown Belanda




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :