Minggu, 28/02/2021 01:19 WIB

Ini Syarat yang Harus Dipenuhui jika Ingin Berkunjung ke Singapura

Aturan tersebut akan berlaku mulai pukul 23.59 pada 24 Januari, sebagai bagian dari langkah perbatasan yang lebih ketat untuk mengelola risiko kasus COVID-19 yang diimpor.

Ilustrasi Singapura (foto: Unsplash)

Singapura, Jurnas.com - Semua pelancong, termasuk warga Singapura dan penduduk tetap, harus mengikuti tes reaksi polymerase chain reaction (PCR) virus corona (COVID-19) setibanya di Singapura.

Demikian diumumkan Kementerian Kesehatan Singapura (MOH), Sabtu (16/1).

Dilansir dari CNA, aturan tersebut akan berlaku mulai pukul 23.59 pada 24 Januari, sebagai bagian dari langkah perbatasan yang lebih ketat untuk mengelola risiko kasus COVID-19 yang diimpor.

Kementerian mengatakan, persyaratan pemberitahuan tinggal di rumah yang ada, termasuk tes PCR di akhir periode pemberitahuan, akan terus diberlakukan.

Untuk memfasilitasi proses pengujian, para pelancong sangat dianjurkan mendaftar dan membayar di muka untuk tes PCR COVID-19 pada saat kedatangan mereka sebelum berangkat ke Singapura.

Saat ini, pelancong yang bukan warga negara Singapura atau penduduk tetap dan yang memiliki riwayat perjalanan baru-baru ini ke negara atau wilayah berisiko tinggi diharuskan mengikuti tes PCR dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan. Mereka diuji lagi di akhir periode pemberitahuan tinggal di rumah.

Dalam rilis media, Kemenkes mencatat munculnya varian baru COVID-19 dan situasi virus corona yang memburuk di seluruh dunia.

"Satgas multi-kementerian secara teratur meninjau langkah-langkah perbatasan Singapura untuk mengelola risiko impor dan penerusan transmisi lokal dari para pelancong," kata Depkes.

"Mengingat kembalinya kasus COVID-19 di seluruh dunia, kami akan memberlakukan tindakan yang lebih ketat bagi para pelancong untuk mengelola risiko impor."

Kementerian juga mengumumkan bahwa semua warga Singapura dan penduduk tetap yang kembali dari Inggris dan Afrika Selatan akan dikenakan isolasi diri tambahan tujuh hari di tempat tinggal mereka, setelah periode pemberitahuan tinggal di rumah 14 hari di fasilitas khusus.

Ini berlaku mulai pukul 23.59 pada tanggal 18 Januari.

Mereka akan diuji pada akhir pemberitahuan tinggal di rumah, sesuai dengan persyaratan saat ini, dan sekali lagi setelah mereka menyelesaikan masa isolasi diri tujuh hari, kata Depkes.

Tindakan pencegahan lebih lanjut ini akan berlaku untuk wisatawan yang saat ini memberikan pemberitahuan tinggal di rumah, dan akan diberlakukan sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Otoritas Singapura sebelumnya membatasi masuk dan transit semua pemegang tiket jangka panjang dan pengunjung jangka pendek dengan riwayat perjalanan baru-baru ini ke Inggris dan Afrika Selatan, karena kekhawatiran varian COVID-19 yang lebih menular yang beredar di negara-negara tersebut.

TAGS : Singapura Tes PCR Varian Baru Corona




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :