Sabtu, 06/03/2021 21:11 WIB

Daerah

Majene Gempa, Bupati Polman Imbau Masyarakat Tak Panik tapi Tetap Waspada

Masyarakat diminta waspada dengan kawasan perbukitan dengan tebing curam tajam karena gempa susulan yang signifikan dapat memicu longsor dan runtuhan batu.

Ilustrasi Gempa Bumi

Polman, Jurnas.com - Bupati Polewali Mandar (Polman), Andi Ibrahim Masdar mengeluarkan surat eradan nomor: B-01/361/BBPBD/1/2021 tentang Imbaun Waspada Gempa Bumi dan Tsunami kepada masayarakat Kabupaten Polman.

Imbauan yang bertanggal 15 Januari 2021 itu dikeluarkan, menyusul gempa bumi 6.2 SR yang mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Jumat (15/1) kemarin.

Poin pertama pada imbauan tersebut, Andi Ibrahim Masdar meminta masyarakat, khususnya Kabupaten Polman agar tetap tenang dan juga waspada. Pasalnya, gempa susulan berpotensi akan terjadi lazimnya pasca gempa yang kuat.

"Untuk itu, masyarakat diminta mewaspadai kemungkinan masih terjadinya gempa susulan yang kekuatannya signifikan," ujar Andi Ibrahim Masdar, yang beken disapa AIM.

Pada poin kedua, AIM mengimbau masyarakat Kabupaten Polman yang tempat tinggalnya sudah rusak atau rusak sebagian agar tidak ditempati lagi. "Karena, jika terjadi gempa susulan yang signifikan dapat mengalami kerusakan yang lebih berat bahkan roboh," ujar AIM.

AIM juga mengimbau masyarakat pada poin ketiga agar waspada dengan kawasan perbukitan dengan tebing curam tajam karena gempa susulan yang signifikan dapat memicu longsor dan runtuhan batu.

"Meningat pesisir Majene pernah terjadi tsunami pada tahun 1968, maka masyarakat yang bermukim di pesisir Kabupaten Polman jika merasakan gempa kuat agar segera menjau dari pantai," imbau AIM pada poin keempat.

Terakhir, AIM mengimbau masyarakat tidak mudah percaya pada berita atau isu dari sumber-sumber yang tidak jelas dan tidak dapat dipertanggungjawabkan mengenai prediksi dan ramalan gempa yang akan terjadi dengan kekuatan yang lebih besar dan akan terjadi tsunami.

TAGS : Polewali Mandar Gempa Majene Sulawesi Barat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :