Sabtu, 27/04/2024 00:48 WIB

Korea Utara Pamer Rudal Jelang Pelantikan Joe Biden

Para pengamat mengatakan Korea Utara menggunakan kongres tersebut untuk mengirim pesan kekuatan kepada pemerintahan Washington yang akan datang dalam upaya untuk mendapatkan konsesi.

Kim Jong un (Foto: KCNA)

Seoul, Jurnas.com - Korea Utara menampilkan rudal balistik yang diluncurkan kapal selam pada parade militer di Pyongyang. Hal itu dilakukan beberapa hari sebelum pelantikan Joe Biden sebagai presiden Amerika Serikat (AS).

Pawai itu menandai kongres Partai Buruh yang berkuasa sekali dalam lima tahun. Pada kongres tersebut, pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un mencela AS sebagai musuh utama utama negaranya.

"Senjata paling kuat di dunia, rudal balistik peluncuran kapal selam, memasuki alun-alun satu demi satu, dengan kuat menunjukkan kekuatan angkatan bersenjata revolusioner," kata kantor berita resmi Korea Utara, KCNA.

"Pameran itu termasuk roket dengan kemampuan serangan yang kuat untuk memusnahkan musuh secara menyeluruh dengan cara pencegahan di luar wilayah," katanya.

Para pengamat mengatakan Korea Utara menggunakan kongres tersebut untuk mengirim pesan kekuatan kepada pemerintahan Washington yang akan datang dalam upaya untuk mendapatkan konsesi.

Kim Jong Un dan Donald Trump memiliki hubungan yang kacau, terlibat dalam penghinaan dan ancaman perang bersama sebelum bromance diplomatik yang luar biasa yang menampilkan pertemuan puncak yang menarik dan pernyataan cinta oleh presiden AS yang akan keluar.

Tetapi hanya sedikit kemajuan substantif yang dibuat. Prosesnya menemui jalan buntu setelah pertemuan Februari 2019 mereka di Hanoi gagal karena pencabutan sanksi dan apa yang bersedia diserahkan oleh Pyongyang sebagai imbalan.

Perubahan kepemimpinan AS menghadirkan tantangan bagi Korea Utara: Biden dikaitkan dengan pendekatan kesabaran strategis pemerintahan Obama dan mencirikan Kim Jong Un sebagai preman selama debat presiden.

"Satuan elit yang agung dan jajaran Republik berpakaian besi yang tak terkalahkan yang dengan bangga akan melewati Alun-Alun Kim Il Sung mewakili kekuatan absolut kami," kata menteri pertahanan Korea Utara Kim Jong Gwan dalam pidato menjelang parade tersebut. (AFP)

KEYWORD :

Korea Utara Amerika Serikat Kim Jong un Rudal Joe Biden




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :