Sabtu, 16/01/2021 10:25 WIB

Menristek Dorong Kampus dan Industri Kerja Sama Penelitian

Bambang Brodjonegoro mengatakan, perguruan tinggi yang mampu menjawab relevansi kebutuhan masyarakat adalah perguruan tinggi yang terbiasa menjalin kerja sama dengan dunia usaha dan industri.

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro (Foto: Ist)

Serpong, Jurnas.com - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Inovasi Riset Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan, perguruan tinggi yang mampu menjawab relevansi kebutuhan masyarakat adalah perguruan tinggi yang terbiasa menjalin kerja sama dengan dunia usaha dan industri.

Sebab perguruan tinggi adalah sumber ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasai tidak boleh ketinggalan dan harus mampu mengejar apapun yang terbaru.

"Untuk bisa mengejar dan selalu update maka kerjasama dengan lembaga penelitian itu menjadi suatu keharusan. Karena dengan membangun iklim penelitian di dalam kampus dan berkolerasi dengan dunia penelitian di luar maka diharapkan penguasaan IPTEK akan selalu advance dengan apa yang menjadi perkembangan terakhir paling tidak secara nasional ataupun global," kata Menristek penandatanganan MoU antara Institut Teknologi Indonesia (ITI) dengan Kemristek/BRIN pada Rabu (13/1) kemarin.

Lebih lanjut Menteri Bambang mengatakan, untuk bisa memenuhi tantangan ke depan, selain mengandalkan sumber daya internal, dosen, mahasiswa, tenaga pendidikan di ITI, Kemristek/BRIN berupaya memberikan dukungan baik dari segi SDM melalui kerjasama penelitian maupun dari fasilitas penelitian itu sendiri, seperti laboratorium dan sejenisnya.

"Kebetulan ITI ada kawasan Puspiptek, maka salah satu esensi dari MoU ini adalah memudahkan akses mahasiswa, dosen dan peneliti di ITI untuk bisa memperguna fasilitas penelitian yang ada di lingkungan Puspiptek. Saya ingin melihat sinergi antara dunia pendidikan dan penelitian semakin kuat," jelas Menteri Bambang.

Menteri Bambang berharap dengan MoU dapat mendorong ITI menjadi lebih baik dan dikenal unggul dalam riset, inovasi, teknologi dibanding perguruan tinggi swasta lainnya.

"Kami di Kemristek/BRIN juga akan bangga kalau perguruan yang bekerjasama dengan kami, mempunyai reputasi yang unggul dan sesuai dengan tugas dan fungsi kami di bidang riset dan inovasi. Serta harapannya MoU ini bisa ditindaklanjuti dengan real action yang segera terlihat," tutur dia.

Rektor ITI Marzan A Iskandar menyambut baik nota kesepahaman ini, pihaknya menyebutkan dengan dukungan Kemenristek/BRIN dan LPNK di bawahnya akan menjadikan ITI perguruan tinggi yang unggul.

Sementara itu Ketua Pengurus Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia Mas Wigrantoro Roes Setiadi menyampaikan bahwa, "penandatanganan MoU ini akan menjadi landmark bagi ITI, kami percaya konsistensi ini menjadi kekuatan menghadapi tantangan ke depan."

TAGS : Menristek Kepala BRIN Perguruan Tinggi Kerja Sama Industri




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :