Kamis, 21/01/2021 02:26 WIB

DPR Minta Kemenpora Miliki Database untuk Sektor Kepemudaan

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) harus memiliki database untuk sektor kepemudaan secara komplet. Hal itu penting untuk mendukung pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).

Anggota Komisi X DPR RI, Esty Wijayati

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) harus memiliki database untuk sektor kepemudaan secara komplet. Hal itu penting untuk mendukung pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).

Demikian dikatakan anggota Komisi X DPR RI, Esty Wijayati dalam Rapat Kerja dengan Kemenpora, Kamis (14/1). Rapat tersebut dilakukan secara daring.

“Namanya saja Kemenpora, harus memiliki database kepemudaan secara komplet, sehingga ketika kita berbicara tentang Indeks Pembangunan Pemuda, maka bagaimana bisa meningkatkan akses pendidikan, bisa meningkatkan pemahaman soal kesehatan, kemudian ketenagakerjaan, kemudian soal gender, diskriminasi, soal kepemimpinan dan lainnya,” terangnya.

Ke depan, lanjut dia, Komisi X DPR RI akan berupaya untuk menaikkan alokasi anggara sektor kepemudaan secara signifikan, sehingga bisa menjadi tumpuan dalam meningkatkan IPP.

Dalam rapat itu, Esty juga menyinggung tentang Indeks Pernikahan Dini yang meningkat sangat tajam di Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, khususnya pada wilayah Kabupaten Gunung Kidul. 

“Saya melaporkan Indeks Pernikahan Dini di Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya Gunung Kidul meningkat sangat tajam,” jelasnya.

Selain itu, legislator dapil DI Yogyakarta ini juga menyinggung tentang pemberian ruang konseling terkait permasalahan-permasalahan pemuda yang terjadi saat ini. 

Dia berharap, Kemenpora dapat memberikan perhatian khusus untuk memberikan ruang konseling terhadap permasalahan-permasalahan pemuda, terutama di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

“Kemudian, kita juga perlu memahami situasi yang membutuhkan perhatian dari Kemenpora terkait dengan hal itu untuk bisa memberikan konseling atau tempat-tempat, ruang-ruang untuk memfasilitasi memberikan konseling terkait permasalahan-permasalahan anak-anak muda di saat (pandemi Covid-19) ini,” demikian Esty.

TAGS : Komisi X DPR Kemenpora Pemuda Esty Wijayati




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :