Sabtu, 06/03/2021 15:14 WIB

Puan Maharani: Persatuan dan Kesatuan Harus Terus Dirawat

Persatuan dan kerukunan antar umat beragama harus terus dirawat dalam berbagai aspek kehidupan. Dimana, seluruh pemuka agama agar terus menyuarakan pentingnya persatuan bagi seluruh umat beragama.

Ketua DPR, Puan Maharani

Jakarta, Jurnas.com – Persatuan dan kerukunan antar umat beragama harus terus dirawat dalam berbagai aspek kehidupan. Dimana, seluruh pemuka agama agar terus menyuarakan pentingnya persatuan bagi seluruh umat beragama.

Demikian disampaikan Ketua DPR, Puan Maharani dalam Webinar Dialog Antarumat Beragama yang bertajuk “Bersatu dalam Keragaman dan Kedamaian Mengatasi Pandemi Covid-19” sebagai bagian dari Pra Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 MPR, DPR, dan DPD, Kamis (14/1).

“Kita perlu sadar bahwa persatuan dan kesatuan itu bukan hal statis. Kita tidak boleh menganggap persatuan Indonesia akan terjadi sendiri. Persatuan harus terus dirawat dan ditumbuhkan dalam berbagai aspek kehidupan,” kata Puan.

Puan menyampaikan, setiap pemuka agama pun harus mengingatkan tentang pentingnya nilai-nilai gotong royong yang merupakan intisari Pancasila.

“Kita harus ingat, persatuan adalah bagian dari bangsa kita, bagian dari jati diri kita. Ini semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Banyak negara mengagumi konsep Indonesia sebagai konsep yang diperlukan di negara mereka masing-masing,” ucap Puan.

Puan menyatakan sila ketiga Pancasila secara terang benderang berbunyi “Persatuan Indonesia”. Puan mengungkap Proklamator sekaligus Presiden pertama Soekarno sudah menegaskan bahwa Indonesia didirikan untuk semua golongan.

“Bung Karno (Soekarno) saat pertama berpidato tentang Pancasila pada 1 Juni 1945 sudah katakan, kita hendak dirikan negara buat semua, bukan untuk satu golongan, tetapi semua untuk semua,” kata politikus PDI Perjuangan tersebut.

TAGS : Ketua DPR Puan Maharani Kerukunan Umat Beragama




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :