Kamis, 28/01/2021 08:30 WIB

Tensi Meningkat, Iran Luncurkan Rudal Jarak Pendek

Iran memiliki salah satu program rudal terbesar di Timur Tengah, sebagai pertahanan penting terhadap AS dan musuh lainnya jika terjadi perang.

Rudal Iran (foto: Middleeast)

Teheran, Jurnas.com - Militer Iran meluncurkan rudal jarak pendek dalam sebuah latihan angkatan laut pada Rabu (13/1), di tengah ketegangan tinggi antara Teheran dan Amerika Serikat.

Iran memiliki salah satu program rudal terbesar di Timur Tengah, sebagai pertahanan penting terhadap AS dan musuh lainnya jika terjadi perang.

Dikutip dari Reuters, Barat memandang rudal Iran sebagai ancaman stabilitas regional, dan peluang pengembangan senjata nuklir.

Kapal perang buatan Iran, Makran, yang oleh media pemerintah digambarkan sebagai kapal perang terbesar Iran dengan landasan helikopter, dan kapal peluncur rudal bernama Zereh (baju besi), ikut serta dalam latihan dua hari di Teluk Oman.

Ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran telah meningkat sejak 2018, ketika Presiden Donald Trump membatalkan kesepakatan nuklir 2015.

AS mengembalikan sanksi keras untuk menekan Iran agar merundingkan pembatasan yang lebih ketat pada program nuklirnya, pengembangan rudal balistik, dan dukungan untuk pasukan proksi regional.

Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi konfrontasi berkala antara militer Iran dan pasukan AS di Teluk, di mana Teheran mengadakan latihan tahunan untuk menunjukkan kekuatan militer Republik Islam.

TAGS : Iran Rudal Jarak Pendek Timur Tengah Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :