Kamis, 28/01/2021 08:15 WIB

Usai Disoroti Jokowi, Syahrul Minta Swasembada Gula Jadi Target Utama

Komoditas pertanian yang masih impor tersebut di antaranya, kedelai, jagung, gula, bawang putih dan beras.

Petani tebu

Bogor, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meminta Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkebunan menyusun langkah kongkrit mewujudkan swasembada gula konsumsi pada perencanaan pembangunan subsektor perkebunan 2021.

Hal ini disampaikan saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Perkebunan 2021 yang digelar di Hotel 101 Suryakencana, Bogor, Jawa Barat, Selasa (12/1).

"Saya sampaikan, Bapak Presiden menyoroti khusus terkait hal ini (swasembada gula). Karena itu, segera susun langkah konkret dalam upaya peningkatan produktivitas dan produksi tebu," ujar Syahrul.

"Kemudian tingkatkan juga kapasitas dan efisiensi pabrik gula (PG) berbasis tebu dan penyerapan tenaga kerjanya serta tingkatkan pendapatan petani/pekebun," sambungnya.

Syahrul meminta dalam menyusun langka konkret tersebut dilakukan dengan menerapkan program pendukung lainya seperti cara bertindak (CB) 1 tentang peningkatan kapasitas, CB2 tentang diversifikasi pangan, CB3 tentang lumbung pangan, CB4 tentang pertanian modern serta CB5 tentang ekspor kopi, kakao, kelapa dan karet.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementan, Kasdi Subagyono menyatakan akan mempercepat swasembada gula

"Saya sampaikan Bapak Menteri, program kami di 2021 adalah produksi perkebunan dan nilai ekapornya naik terus. Kemudian menyesuaikam program tambahan cara bertindak, mendukung food estate, mempercepat swasembada gula dan mendukung upaya rencana 1 triliun 1 provinsi," ujar Kasdi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung beberapa komoditas pertanian yang masih impor saat membuka Rakornas Pembangunan Pertanian Tahun 2021, di Istana Merdeka, Senin (11/1).

Komoditas pertanian yang masih impor tersebut di antaranya, kedelai, jagung, gula, bawang putih dan beras. Jokowi meminta kepada Kementan agar membuatkan desain yang lebih khusus komoditas tersebut.

"Barang-barang ini harus kita selesaikan, urusan bawang putih, urusan gula, urusan jagung, urusan kedelai dan komoditas lain yang masih impor. Tolong ini menjadi catatan dan segera carikan desain agar bisa kita selesaikan," kata Jokowi.

TAGS : Rakornas Kementan 2021 Swasembada Gula Produktivitas Tebu




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :