Minggu, 07/03/2021 21:35 WIB

Setelah Inggris dan Afsel, Kini Muncul Covid-19 Varian Brasil

Kementerian Kesehatan Jepang menemukan varian baru Covid-19 dari empat turis asal Brasil. Varian tersebut berbeda dari varian Covid-19 Inggris maupun Afrika Selatan yang diyakini lebih menular.

Ilustrasi virus corona (Foto: Lizabeth Menzies/AFP)

Tokyo, Jurnas.com - Kementerian Kesehatan Jepang menemukan varian baru Covid-19 dari empat turis asal Brasil. Varian tersebut berbeda dari varian Covid-19 Inggris maupun Afrika Selatan yang diyakini lebih menular.

"Saat ini, tidak ada bukti yang menunjukkan varian baru yang ditemukan pada mereka yang berasal dari Brasil memiliki tingkat penularan yang tinggi," terang Kepala Institut Penyakit Menular Nasional Takaji Wakita dikutip dari Reuters pada Minggu (10/1).

Dari empat pelancong yang tiba di bandara Haneda Tokyo pada 2 Januari 2021, seorang pria berusia empat puluhan mengalami masalah pernapasan, dan seorang perempuan berusia tiga puluhan mengalami sakit kepala dan sakit tenggorokan.

Dua lainnya yakni seorang pria remaja yang mengalami demam, dan seorang remaja perempuan yang tidak menunjukkan gejala, menurut keterangan Kementerian Kesehatan Jepang.

Setelah melihat peningkatan tajam dalam kasus Covid-19, Jepang mengumumkan keadaan darurat untuk Tokyo dan tiga prefektur yang bertetangga dengan ibu kota pada Kamis lalu.

Hingga saat ini, kasus nasional di Jepang telah berjumlah sekitar 289.000, dengan 4.061 kematian.

TAGS : Covid-19 Varian Brasil Jepang




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :