Selasa, 02/03/2021 00:04 WIB

Kemenag Siapkan Rp1,5 Triliun untuk Pembangunan di 269 Madrasah

Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan anggaran sebesar Rp1,5 trilun untuk pembangunan di 269 madrasah pada 2021 mendatang.

Direktur KSKK Madrasah Ahmad Umar (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan anggaran sebesar Rp1,5 trilun untuk pembangunan di 269 madrasah pada 2021 mendatang.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKS) Madrasah Ahmad Umar mengatakan, jumlah tersebut meningkat dari anggaran pembangunan madrasah tahun ini yakni Rp1 triliun.

"Anggaran Rp1,5 triliun untuk pembangunan di 269 madrasah se-Indonesia, termasuk Papua dan Papua Barat," kata Umar dalam pembukaan One Day EXPO Madrasah pada Selasa (22/12).

"Untuk apa saja? Ruang kelas baru, laboratorium, asrama siswa, rumah guru, dan pusat pembelajaran atau bangunan workshop," sambung dia.

Terkait pemanfaatan anggaran pembangunan tahun ini, Umar mengatakan Kemenag telah membangun empat laboratorium sains terpadu, yang diklaim sebagai laboratorium terbaik di antara satuan pendidikan di Indonesia.

"Keempat laboratorium itu di MAN IC Serpong, MAN IC Gorontalo, MAN 2 Malang, dan MAN 2 Pekanbaru. Ini madrasah-madrasah yang kuat risetnya," jelas Umar.

Sementara untuk rencana program 2021, Kemenag masih tetap berfokus pada asrama madrasah. Umar menyebut asrama masih memiliki peran penting untuk pembinaan karakter dan prestasi.

"Anak asrama ini punya watak yang bagus, watak kemandirian, tanggung jawab, kerja sama tim, toleransi, dan watak saling menghargai. Sehingga alumni madrasah berasrama, dari sisi kepribadian sangat bagus," kata Umar.

"Sedangkan manfaat kedua adalah pengembangan prestasi. Jadi karakternya kuat, prestasinya bagus. Insya allah akan menjadi pemuda harapan bangsa. Menjadi generasi yang bersih KKN," tutup dia.

TAGS : Kementerian Agama Ahmad Umar KSKK Madrasah Anggaran Pembangunan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :