Kamis, 04/03/2021 20:25 WIB

KBHI Jembati Petani dan Komsumen Produk Hortikultura

Pengembangan pasar pada era digital, baik petani dan pelaku usaha diharapkan sudah dapat beradaptasi melalui pasar daring.

Pasar Tani mejeng di Mall of Indonesia (MOI) Kelapa Gading. (Foto: Ditjen Hortikultura)

Jakarta, Jurnas.com - Kontak Bisnis Hortikultura Indonesia (KBHI) menjadi jembatan bagi petani dan konsumen sejak didirikan empat tahun lalu. Banyak informasi produk hortikultura unggulan berkualitas dari petani yang belum diketahui pasar.

Kehadiran KBHI memberikan peluang bisnis para petani. Bersama dengan Direktorat Hortikultura diharapkan mampu terjalin pertukaran informasi dan kerja sama kemitraan antar pelaku usaha terutama dalam hal menjaga kontinuitas pasokan dan kualitas.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura, Bambang Sugiharto menyampaikan bahwa pengembangan pasar pada era digital, baik petani dan pelaku usaha diharapkan sudah dapat beradaptasi melalui pasar daring.

"Ditjen Hortikultura sendiri memiliki kanal hortikulturatraderoom dan aplikasi Indonesia Map of Fruit Center (IMofc) yang dapat diakses bebas biaya. Khusus I-Mofc dapat diunduh melalui telepon genggam. Aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh buyer maupun supplier sehingga informasi dan transaksi perdagangan yang menguntungkan. Pun dapat menjaring kerja sama dengan KBHI untuk saling melengkapi dan menyempurnakan data hortikultura secara nasional," jelas Bambang.

 

Ketua KBHI Ilud Maulud, menyampaikan bahwa anggota KBHI saling menjalin kerja yang menguntungkan satu sama lain. KBHI menyatakan siap membantu untuk bekerja sama dan bersinergi dengan dinas pertanian sesuai dengan potensi dan keunggulan masing-masing daerah.

"Semua potensi komoditas yang belum tergarap dengan baik seperti pisang kayu, pisang lempeneng, pisang raja, pisang kepok merah, durian merah dan nangka merah serta produk lainnya. KBHI adalah mitra pemerintah yang siap mendukung program dan kegiatan yang dikembangkan oleh Ditjen Hortikultura Kementan," ujar Ilud.

Sementara Ketua II KBHI, Jodi H Iswanto menyebutkan KBHI sebagai forum silaturahmi juga sharing informasi antar pelaku usaha hortikultura.

"Diharapkan dapat menjawab permasalahan yang dihadapi anggota KBHI dan pelaku usaha hortikultura. Ke depan diharapkan banyak petani milenial yang terlibat dalam membangkitkan dan membangun usaha pertanian sebagai upaya berkelanjutan," ujarnya.

Para petani juga turut berharap hasil tani juga dapat diserap oleh KBHI. Terutama dengan adanya bantuan pemerintah sebagai stimulan.

"Kami tentunya berharap produk kami dapat diserap dan dipasarkan oleh KBHI sebagai penopangnya. Kami juga meminta dukungan promosi dan pemasaran produk organik kami terutama produk ramah lingkungan yang telah dihasilkan," ujar Rukiyan.

TAGS : Ditjen Hortikultura Kontak Bisnis Hortikultura Indonesia Pruduk Hortikultura




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :