Selasa, 09/03/2021 08:01 WIB

Libur Natal dan Tahun Baru, Menhub Buka Posko Nasional H-7 hingga H+10

Agar libur Nataru berjalan dengan sehat, aman, dan nyaman di tengah masa pandemi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Jurnas.com

Jakarta, jurnas.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka Posko Tingkat Nasional menghadapi libur Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Posko Angkutan Nataru ini untuk menjamin terlaksananya pelayanan transportasi di masa libur Nataru agar berjalan dengan sehat, aman, dan nyaman di tengah masa pandemi.

"Sesuai perintah Presiden. Di satu sisi memberlakukan protokol kesehatan dan di sisi lain harus tetap memberikan pelayanan transportasi dengan baik di tengah pandemi," ujar Budi Karya, disunting dari situs resmi Dephub.go.id, Senin (21/12/2020).

Posko Terpadu Tingkat Nasional Angkutan Natal tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 secara serentak ini akan berlangsung dari H-7 (18 Desember 2020 sampai dengan H+10 (4 Januari 2020).

Dalam posko tersebut juga melibatkan Kepolisian RI, Dinas Perhubungan, BMKG, Badan SAR Nasional, KNKT, Kementerian Kominfo, Perum Damri, PT. ASDP Indonesia Ferry, PT. Pelni, PT. Pelindo II, PT. Angkasa Pura I, PT. Angkasa Pura II, PT. KAI, PT. Jasa Marga, dan instansi terkait lainnya.

Menhub Budi Karya menegaskan, aspek kesehatan dan keselamatan bertransportasi adalah dua halnyang harus dipenuhi. Karena itu, Posko Tingkat Nasional Angkutan Nataru 2020 diharap bisa menjamin terlaksananya dua hal tersebut.

Posko Tingkat Nasional Angkutan Nataru diharapkan bisa mengantisipasi dengan baik jika terjadi puncak mudik baik di sektor darat, laut, udara, penyeberangan, kereta api.

Budi Karya mengapresiasi koordinasi dan kerjasama semua stakeholder yang terlibat. Apa yang diinginkan Presiden Jokowi selama ini sudah dilakukan bersama dengan baik.

"Antar stakeholder seperti Kepolisian, Basarnas, BMKG, Jasa Marga, Operator Transportasi dan lain sebagainya, semua bersatu padu melaksanakan kegiatan ini dengan baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut Budi Karya mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan baik, mengingat dalam dua minggu terakhir angka positif Covid-19 semakin meningkat. Ia juga mengimbau agar masyarakat tetap berada dirumah dan tidak melakukan perjalanan bila memang tidak dirasa perlu.

Kemenhun sendiri terus melakukan koodinasi dengam Satuan Tugas Covid-19 untuk mengantisipasi mobilitas masyarakat pada saat libur Nataru.

Kemenhub juga siap mengikuti Surat Edaran yang akan dikeluarkan Satuan Tugas Covid 19 untuk sektor transportasi darat, laut, udara, dan perkeretaapian.

Dalam pembukaan posko tersebut, dilakukan pula video conference Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi beserta jajaran Kemenhub dari Posko Nasional, dengan Posko-posko di yang ada simpul-simpul transportasi di sejumlah daerah di Indonesia.

TAGS : Kemenhub Budi Karya Sumadi Natal Tahun Baru Posko Nasional




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :