Sabtu, 17/11/2018 05:00 WIB

MENTERI SEHARI

Hari Anak Perempuan Internasional, Menaker Beri Hadiah Ini

Gadis cilik ini mendapatkan hadiah spesial dari Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Hanif Dhakiri.

Menteri Hanif Dhakiri (tengah) bersama Rinja dengan kursi roda barunya

Jakarta – Maria Renelde Gai (17) asal Nusa Tenggara Timur tidak dapat menyembunyikan kegembiraannya. Pasalnya, gadis cilik ini mendapatkan hadiah spesial dari Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Hanif Dhakiri. Hadiah tersebut tidak lain adalah sebuah kursi roda yang dapat digunakan Maria untuk beraktifitas sehari-hari.

Maria Renelde Gai atau biasa dipanggil Rinja merupakan 1 dari 22 anak cerdas yang terpilih sebagai finalis ‘Sehari Jadi Menteri’. Meski Rinja hanya duduk manis di atas sebuah kursi roda setelah kelumpuhan merengut separuh tubuhnya sejak 10 tahun yang lalu, lantas tidak membuat dirinya berkecil hati ketika berbaur dengan teman-teman seumurannya yang memiliki fisik normal. Kursi roda pemberian Menteri Hanif Dhakiri yang tampak lebih praktis, membantu Rinja untuk bergerak lebih bebas.

Dalam kegiatan ‘Sehari Jadi Menteri’, Hanif Dhakiri menerima rekomendasi kebijakan dari para menteri cilik yang menggantikannya selama satu hari. Rekomendasi yang diserahkan oleh Nur Annisa sebagai menteri terpilih, menyoroti regulasi terkait pekerja anak yang masih multi tafsir, terutama UU Nomor 13 tahun 2003.

“Kami ingin pak menteri bisa merevisi pasal-pasal tersebut, agar Indonesia bebas pekerja anak pada 2022,” kata Annisa, Selasa (11/10), di Jakarta.

Mengamini rekomendasi yang disampaikan oleh Annisa, Menteri Hanif membenarkan bahwa beberapa pasal ketenagakerjaan masih membutuhkan banyak perhatian khusus. Oleh karena itu, Hanif dan jajarannya masih terus berupaya mengkaji pasal-pasal tersebut lebih mendalam.

“Itu masukan yang sangat baik dan akan diperhatikan oleh pemerintah. Kelak pada saat kita akan melakukan revisi, tentu itu bisa jadi salah satu pikiran yang memang harus kita carikan solusinya,” ujar Hanif.

TAGS : Because I Am A Girl Menteri Sehari Plan International Indonesia Kemnaker KPPPA Pekerja Anak Pe




TERPOPULER :