Jum'at, 22/01/2021 13:48 WIB

Perusahaan AS Bersiap Distribusi Vaksin COVID-19

Raksasa logistik AS, UPS, sudah memproduksi 500 kilogram es kering per jam di depotnya dan telah mengembangkan freezer portabel yang mampu menyimpan vaksin pada suhu antara -4 hingga -112 Fahrenheit (-20 dan -80 Celcius).

Pemandangan dari laboratorium selama proses pengembangan vaksin untuk virus corona (COVID-19) di laboratorium di Ankara, Turki pada 12 Oktober 2020. [Kementerian Kesehatan Turki - Anadolu Agency]

New York, Jurnas.com - Menyambut kedatangan vaksin virus corona (COVID-19) yang akan segera disimpan pada suhu sangat rendah, perusahaan-perusahaan Amerika Serikat (AS) menyiapkan logistik besar-besaran untuk membantu distribusi.

Produsen mobil Ford telah memesan freezer sendiri sementara raksasa pemrosesan daging Smithfield mengatakan siap untuk menempatkan ruang dingin di rumah potongnya untuk operasi peluncuran vaksin.

Raksasa logistik AS, UPS, sudah memproduksi 500 kilogram es kering per jam di depotnya dan telah mengembangkan freezer portabel yang mampu menyimpan vaksin pada suhu antara -4 hingga -112 Fahrenheit (-20 dan -80 Celcius).

Dilansir dari AFP, beberapa perusahaan yang tidak terkait langsung dengan pembuatan, penyimpanan atau pengangkutan vaksin juga meningkat.

"Kami telah menilai kemampuan dan kapasitas pembeku ultra-rendah kami dan siap serta bersedia membantu badan kesehatan jika kapasitas penyimpanan menjadi terbatas," kata kepala direktur administrasi raksasa daging Smithfield, Keira Lombardo.

Pengepakan daging, yang menderita sejumlah besar kasus COVID-19 di beberapa rumah jagal AS, mengatakan sekarang siap membantu pihak berwenang mendistribusikan vaksin, terutama kepada pekerja di sektor pertanian dan pasokan makanan, kata Lombardo.

Sementara itu, Ford telah memesan selusin freezer ultra-dingin untuk mengantisipasi datangnya vaksin, untuk ditawarkan kepada karyawan yang menginginkannya saat tersedia.

Ketika virus mulai menyebar pada musim semi di AS, perusahaan tersebut harus menutup sementara pabriknya. Kelompok tersebut telah melanjutkan aktivitasnya tetapi dengan tindakan pencegahan kesehatan yang ketat.

"Kesehatan dan keselamatan tenaga kerja kami adalah prioritas utama kami," kata seorang juru bicara kepada AFP.

General Motors belum melangkah sejauh itu tetapi mengatakan telah menghubungi badan-badan pemerintah AS dan pejabat kesehatan untuk berkoordinasi sesuai kebutuhan ketika rencana distribusi tersedia.

TAGS : Vaksin COVID-19 Distribusi Vaksin Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :