Senin, 25/01/2021 17:21 WIB

Info Lengkap Kuliah di Malaysia, Cek di Aplikasi Ini

Education Malaysia Indonesia meluncurkan aplikasi ponsel `Ayo Kuliah di Malaysia` pada Rabu (2/12). Platform digital tersebut berisi informasi mengenai pendidikan tinggi di Negeri Jiran.

Aplikasi Ayo Kuliah di Malaysia di ponsel (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Education Malaysia Indonesia meluncurkan aplikasi ponsel `Ayo Kuliah di Malaysia` pada Rabu (2/12). Platform digital tersebut berisi informasi mengenai pendidikan tinggi di Negeri Jiran.

Pengarah Education Malaysia Indonesia Prof Madya Dr Mior Harris Mior Harun mengatakan, aplikasi ini diharapkan mempermudah siswa, guru, dan orang tua dalam mengakses informasi perguruan tinggi di Malaysia, termasuk di antaranya informasi beasiswa.

"Aplikasi ini nantinya akan menjadi pusat informasi, seperti misalnya berapa biaya masuk perguruan tinggi, syarat, brosur, dan berbagai kontak penting ada dalam aplikasi ini," terang Mior Harris.

Selain menjadi wadah promosi pendidikan di Malaysia, lanjut Mior Harris, aplikasi `Ayo Kuliah di Malaysia` juga menjadi panduan bagi perguruan tinggi Tanah Air, untuk menguatkan kerja sama pendidikan di antara kedua negara.

"Di antaranya joint research, joint publication, joint seminar, joint supervision, students and lecturers exchange, dan banyak lagi potensi kerjasama yang bisa dilakukan bersama," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Pengarah Bahagian Education Malaysia Jabatan Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia, Redhauddin bin Kamaruzaman mengapresiasi peluncuran aplikasi `Ayo Kuliah di Malaysia`.

Menurut dia, kedekatan Malaysia dan Indonesia secara geografis serta rumpun bahasa yang sama, dapat menjadi salah satu daya tarik bagi pelajar Indonesia berkuliah di Malaysia.

Apalagi di Negeri Jiran, kata Kamaruzaman, juga telah tersedia perguruan tinggi mulai dari jenjang D-3 hingga S-3, dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan.

"Semua universitas menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Ini nilai tambah bagi pelajar internasional, untuk menyelami dan memperbaiki lagi penguasaan bahasa Inggris," kata Kamaruzaman.

Selain itu, Kamaruzaman menyebut perguruan tinggi Malaysia terus digandrungi peserta didik dari negara asing. Terbukti, hingga saat ini terdapat 95.628 peserta didik dari luar Malaysia.

"9.928 di antaranya dari Indonesia. 4,419 tersebar di perguruan tinggi negeri, dan 5.509 di perguruan tinggi swasta," papar dia.

Kamaruzaman menambahkan, Malaysia memiliki 10 perguruan tinggi yang masuk dalam kelompok 110 universitas terbaik se-Asia. Tujuh di antaranya adalah PTN, dan tiga sisanya PTS.

"UM (Universiti Malaya) untuk pertama kalinya masuk 10 universitas terbaik di Asia tahun ini di tempat ke-9, dibandingkan ranking ke-13 tahun lalu," tutup Kamaruzaman.

Diketahui, aplikasi `Ayo Kuliah di Malaysia berisi beragam informasi antara lain, lokasi perguruan tinggi, daftar program studi, biaya pendidikan, persyaratan masuk, dan metode pendaftaran.

TAGS : Ayo Kuliah di Malaysia Negeri Jiran Mior Harris Mior Harun Redhauddin bin Kamaruzaman




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :