Senin, 18/01/2021 08:14 WIB

Mendikbud Ajak Mahasiswa Cintai Kebudayan Indonesia

Mendikbud menekankan pentingnya para mahasiswa untuk mencintai, menjaga dan terus memajukan budaya Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim memberikan apresiasi dan selamat bagi para peserta Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XV tahun 2020.

Meskipun dilanda oleh Pandemi Covid-19, para mahasiswa tetap bisa berkarya dengan sangat baik. Mendikbud menekankan pentingnya para mahasiswa untuk mencintai, menjaga dan terus memajukan budaya Indonesia.

"Pesan saya kepada para mahasiswa, jaman boleh berubah dan pasti akan berubah, terbuka dengan perkembangan jaman adalah sebuah keseharusan apabila kita ingin menjadi bangsa yang maju, tapi tetaplah ingat akar budaya kita," ujar Nadiem pada Malam Apresiasi dan Penghargaan Peksiminas XV tahun 2020 secara langsung melalui Youtube Streaming Puspresnas TV, pada Minggu (29/11).

Menteri Nadiem berharap, ke depannya mahasiswa dapat terus berkarya, terus kreatif, dan terus menyebarkan pengalaman positif kepada masyarakat lainnya.

"Bangsa Indonesia memiliki bekal budaya yang kaya, kearifan lokal, dan khasanah kebudayaan nusantara, memajukannya adalah dengan melakukan interaksi budaya seperti dengan diadakannya acara ini," lanjutnya.

Selaras dengan perkataan Mendikbud, Direktur Penjaminan Mutu, Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN, Aris Junaedi, juga turut memberikan apresiasi dan selamat untuk para mahasiswa yang telah berkarya meskipun di tengah pandemi saat ini.

"Kami berharap para mahasiswa nantinya mampu meningkatkan dan mengembangkan prestasi dan kreasi seni untuk memperkaya budaya bangsa berdasarakan Bhinneka Tunggal Ika," ucap Aris.

Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi mengatakan bahwa dunia pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Dan dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut, lanjut Asep, Puspresnas menyelenggarakan Peksiminas.

"Mudah-mudahan dengan bentuk Peksiminas baru ini, kita dapat kembangkan lebih jauh lagi sebagai upaya untuk meningktakan kualitas mutu pembelajaran sehari-hari dan menjadi implementasi kebijakan kampus merdeka khususnya dalam bidang seni," lanjut Asep saat menutup Peksiminas XV 2020.

Peksiminas merupakan kegiatan yang bertujuan memberikan wadah bagi mahasiswa dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis mahasiswa dalam bidang seni, baik seni suara, seni pertunjukan, seni sastra, maupun seni rupa.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa mampu meningkatkan sekaligus mengembangkan prestasi dan kreasi seninya untuk memperkaya budaya bangsa.

Peksiminas dilaksanakan dengan lima belas mata tangkai. Setiap mata tangkai terdiri dari tiga juri. Komposisi juri merupakan kombinasi antara juri yang berasal dari perguruan tinggi dan juri yang berasal dari profesional.

Berdasarkan hasil kesepakatan antara Puspresnas dengan pengurus BPSMI dan juri inti maka pelaksanaan Peksiminas dimulai dari seleksi tingkat perguruan tinggi langsung ke tingkat nasional.

TAGS : Peksiminas 2020 Pekan Seni Mahasiswa Nasional Mendikbud Nadiem Anwar Makarim




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :