Selasa, 19/01/2021 06:23 WIB

Simak Calon Kapolri Ideal Pengganti Idham Aziz Versi Banteng Senayan

Kriteria ideal calon Kapolri adalah seorang yang jujur dan memiliki simpati tinggi. 

Ilustrasi Polri

Jakarta, Jurnas.com - Kriteria ideal calon Kapolri adalah seorang yang jujur dan memiliki simpati tinggi. 

Selain itu, menurut anggota Komisi III DPR I Wayan Sudirta, calon Kapolri juga harus pintar serta berani bersikap tegas.

"Harus pintar, karena akan mengurus Indonesia yang sangat luas dengan problem yang komplek dan jumlah anggota yang banyak. Berani bersikap tegas menegakkan hukum di tengah hiruk pikuk demokrasi pada saat ini," kata Wayan kepada wartawan, Selasa (1/12).

Seorang calon Kapolri juga harus memiliku kekuatan untuk membangun jaringan dengan menjaga kerukunan masyarakat. Kemampuan menjalin komunikasi yang baik dengan institusi TNI juga menjadi salah satu kriteria lainnya.

Selanjutnya, calon Kapolri harus mampu mengorganisasi jajaran di bawahnya dengan baik, terutama Kapolda dan Kapolres agar dapat mendengar aspirasi masyarakat dan tokoh masyarakat secara sungguh-sungguh. Juga memiliki loyalitas kepada masyarakat dan pemerintah.

"Loyalitas yang tinggi kepada masyarakat dan pemerintah, yang bermuara pada terjaganya keutuhan bangsa dan Negara Republik Indonesia," ujar Wayan.

Kapolri Jenderal Idham Azis akan memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021. Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane menilai sejumlah nama menjadi calon kuat pengganti Idham Azis.

Nama itu antara lain Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, dan Kabaharkam Komjen Agus Andrianto. 

TAGS : DPR Komisi III DPR PDIP I Wayan Sudirta Calon Kapolri Kapolri




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :