Senin, 25/01/2021 08:23 WIB

Dirjen Pendis Sebut Lulusan Madrasah Harus Miliki Tiga Hal

Ketiga aspek tersebut ialah ASK atau Attitude (Perilaku), Skill (Kompetensi), dan Knowledge (Pengetahuan).

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Ali Ramdhani (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) Muhammad Ali Ramdhani menyebut lulusan madrasah dituntut memiliki tiga aspek.

Ketiga aspek tersebut ialah ASK atau Attitude (Perilaku), Skill (Kompetensi), dan Knowledge (Pengetahuan).

Menurut Dhani, perilaku keseharian para alumni madrasah menjadi nilai yang lebih di mata masyarakat. Perilaku lulusan madrasah ini nantinya akan memupuk kepercayaan masyarakat untuk mempercayakan pendidikan anaknya ke madrasah.

"Sebelum saya jadi jadi dirjen, semua proses anak saya ada di madrasah, karena soal tuntutan pertama attitude tadi, minimal cium tangan itu tidak di kening, cium tangan beneran," jelas Dhani saat acara Workshop Penguatan Kompetensi Guru dan Kepala Madrasah Plus Keterampilan di Bandung, Jawa Barat pada Jumat (27/11).

Berikutnya skill atau keterampilan. Dirjen  Pendis berharap setiap alumni adalah insan yang siap terjun dalam masyarakatdengan dinamika apapun. Dan jika kelak alumni itu melanjutkan kuliah, dia sanggup mengikuti.

Adapun untuk aspek knowledge atau pengetahuan, Dhani menyebut bahwa keunggulan madrasah tidak sekadar di bidang agama saja, namun madrasah pernah menang dalam PISA, penilaian yang di dasarkan pada kemampuan literasi baca dan sains siswa di seluruh dunia.

Salain itu, dalam pesannya Dhani berharap, para kepala madrasah mempunyai mental tata kelola yang baik untuk perkembangan perekembangan institusi madrasah agar terus menanjak.

"Saya baru saja terpukul dengar kabar tidak nyaman, ada pejabat tertangkap KPK dan kejadian lainnya yang membuat kita semua tidak nyaman," terang Dhani.

Karenanya, Dhani mengajak para kepala madrasah yang hadir harus mempunyai koridor tata kelola yang baik, sebab sejatinya ada hal yang sederhana, seberapa baik pekerjaan, kalau tidak ditopang oleh administrasi itu akan menjadi sebuah  keleliruan.

"Tapi seberapa buruknya itu, kalau ditutup dengan adminstrasi bagus, maka kita akan menjadi orang baik. Artinya, bayangkan bahwa ada kekuatan namanya tata kelola. tata kelola akan menjamin banyak hal teramasuk keselamatan kita," pesan Dhani.

"Jadi saya akan memberikan aksentuasi pada keselamatan kita, kita ingin bersama-sama selamat," imbuh dia.

TAGS : Muhammad Ali Ramdhani Lulusan Madrasah Kementerian Agama




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :