Minggu, 18/04/2021 03:15 WIB

Malaysia Masuk Daftar Penerima Prioritas Vaksin COVID-19 China

Malaysia juga telah menyatakan penghargaan atas komitmen yang dibuat oleh pemerintah China atas masalah tersebut.

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin. (Foto: Mohd Rasfan/AFP)

Kuala Lumpur, Jurnas.com  - Perdana Menteri Muhyiddin Yassin mengatakan, Malaysia telah terdaftar sebagai salah satu negara yang mendapat prioritas untuk menerima vaksin COVID-19 dari China, yang akan segera didistribusikan.

Dalam sebuah unggahan Facebook pada Kamis (26/11), Muhyiddini mengatakan jaminan itu disampaikan kepadanya oleh duta besar China untuk Malaysia, Bai Tian, selama kunjungan perpisahan di gedung parlemen pada Rabu (25/11).

Muhyiddin mengatakan Malaysia juga telah menyatakan penghargaan atas komitmen yang dibuat oleh pemerintah China atas masalah tersebut.

"Yang Mulia Bai Tian juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Malaysia yang telah memberikan dukungan berkelanjutan dalam berbagai aspek kepada republik ini, terutama ketika pandemi COVID-19 melanda Wuhan awal tahun ini," tulis Muhyiddin.

"Dia menganggap Malaysia sebagai negara sahabat yang sangat dekat yang selalu siap mengulurkan tangan membantu saat China membutuhkannya," tambahnya.

Sementara itu, Muhyiddin juga menyampaikan apresiasi pemerintahnya atas kontribusi Bai Tian dalam membawa hubungan bilateral antara Malaysia dan China ke tingkat yang lebih tinggi sejak pembentukan hubungan diplomatik antara kedua negara pada tahun 1974.

"China telah menjadi mitra dagang terbesar Malaysia selama 11 tahun berturut-turut, dengan nilai perdagangan tahun lalu tercatat sebesar RM315,19 miliar. Investasi China di Malaysia tahun lalu mencapai RM18,25 miliar, menjadikan negara itu sumber investasi asing langsung terbesar kesepuluh di Malaysia," tulis Muhyiddin.

Malaysia selalu menyambut lebih banyak perusahaan dari China untuk menjadikan Malaysia sebagai tujuan yang disukai untuk investasi, terutama di sektor industri teknologi tinggi," sambungnya.

Muhyiddin juga mencatat bahwa pemerintah China telah memberi selamat kepada Malaysia sebagai tuan rumah KTT Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) 2020, yang ditandai dengan dikeluarkannya Deklarasi Kuala Lumpur dan peluncuran Visi Putrajaya 2040.

Perdana menteri mengatakan Deklarasi Kuala Lumpur dan peluncuran Visi Putrajaya 2040 akan mendorong komunitas APEC untuk memastikan pertumbuhan ekonomi regional selama 20 tahun ke depan.

"Saya berharap yang terbaik untuk Yang Mulia Bai Tian yang akan mengakhiri masa jabatannya besok dan kembali ke Beijing setelah tiga tahun di negara itu," tambah Muhyiddin. (Bernama)

TAGS : Malaysia Prioritas Vaksin China Muhyiddin Yassin




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :