Rabu, 24/04/2024 04:21 WIB

Cetak Rekor, UIN Bandung Kukuhkan 13 Guru Besar

UIN Sunan Gunung Djati menyabet rekor untuk pengukuhan Guru Besar terbanyak di lingkungan Pendidikan Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Ali Ramdhani (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung mencetak rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) dengan mengukuhkan 13 guru besar sekaligus.

UIN Sunan Gunung Djati menyabet rekor untuk pengukuhan Guru Besar terbanyak di lingkungan Pendidikan Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Pengukuhan tersebut dilaksanakan dalam sidang senat terbuka di Gedung Aula Anwar Musaddad, UIN SGD, Kota Bandung, pada Rabu (25/11) kemarin.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) Muhammad Ali Ramdhani, dalam sambutannya menjelaskan bahwa capaian seorang guru besar atau professor adalah bukan hanya karena usaha keras yang ulet ataupun sekedar rajin untuk belajar, tetapi dari semua itu muaranya adalah kebijaksanaan itu sendiri.

"Seorang professor atau guru besar, harus sadar bahwa ucapannya akan menjadi ilmu dan tindakannya selalu menjadi teladan," terang M. Ali Ramdhani.

Dhani berpesan, sebaiknya agar para guru besar tidak merasa puas dengan gelar keilmuan, sehingga berhenti belajar. Menurut doktor lulusan ITB Bandung tersebut, berhenti belajar merupakan kematian hakiki dari seorang guru besar.

"Mari kita senantiasa untuk terus belajar, terus menggali ilmu. Dan belajarlah pada satu ilmu yang bernama kebaikan, sebab ilmu yang bernama kebaikan adalah satu-satunya ilmu yang tak pernah using," harap Dhani.

Lebih lanjut, bahwa apa yang telah ditorehkan UIN Bandung ini merupakan ledakan komunitas intelektual secara nasional, dan capaian ini menandakan bahwa proses pengembangan sumber daya manusia (SDM) berjalan baik.

Selain 13 guru besar yang sudah dikukuhkan ini, lanjut Dhani, masih ada 11 calon guru besar yang sudah menunggu untuk dikukuhkan.

Dirjen berharap, capaian yang dilakukan oleh UIN Bandung ini mampu menjadi motivasi dan inspirasi UIN, IAIN dan STAIN yang berada dibawah binaan Kementerian Agama di Indonesia.

"Mudah-mudahan menjadi motivasi untuk PTKI di Indonesia dari apa yang telah di lakukan UIN Bandung ini," kata Dhani.

Sebelumnya, Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung Mahmud, dalam sambutannya menuturkan, dengan kehadiran 13 guru besar ini akan menjadi tonggak dalam memajukan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

"Ke-13 Guru besar ini tidak hanya hebat dalam bidang keilmuan saja, tetapi harus hebat dalam sektor yang lain," terang Mahmud.

Rektor berharap, para guru besar yang baru saja dikukuhkan, tidak hanya memililki keilmuan yang mumpuni, tetapi juga harus memiliki kearifan yang luas.

"Guru Besar di PTKIN disamping sebagai ilmuan, juga harus arif. Sehingga akan dapat memberikan solusi terhadap persoalan-persoalan di sekitar kita," imbuh dia.

KEYWORD :

Dirjen Pendis Ali Ramdhani UIN Bandung Rekor MURI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :