Selasa, 26/01/2021 16:05 WIB

Kunjungi Aceh, Aziz Syamsuddin Harap Penggunaan Dana Otsus Sesuai Mekanisme

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin bersama tim Otsus DPR RI melakukan kunjungan ke Provinsi Aceh guna melakukan tugas pokok dan fungsi dari DPR RI yaitu pengawasan. 

Foto: Dok. Ist

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin bersama tim Otsus DPR RI melakukan kunjungan ke Provinsi Aceh guna melakukan tugas pokok dan fungsi dari DPR RI yaitu pengawasan. 

Ketua tim otsus ini juga berharap, pengunaan dana otsus dapat sesuai peruntukannya yaitu mensejahterakan masyarakat. Jangan sampai dana otsus yang diberikan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota justru mengalami kemunduran atau ketertinggalan.

" Jangan sampai Aceh yang telah diberikan kekhususan justru mengalami ketertinggalan,  Indeks Pembangunan Manusia harus meningkat, sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan UMKM di Aceh harus lebih berkembang. Jangan seperti di Papua ada dana Otsus masih terdapat dead stunting. Untuk  itu kita ke Aceh guna melihat realisasi dana otsus Aceh, apakah penggunaan dana otsus sudah sesuai mekanisme dan dapat mensejahterkan masyarakat Aceh, tentunya ini akan menjadi sebuah evaluasi " Kata Azis di Banda Aceh (Senin, 23/11/2020).

Mantan Ketua Banggar itu berharap, setiap daerah yang menerima dana otsus dapat menjalankan Permendagri  90 Tahun 2019 tentang klasifikasi kodefikasi dan nomenklatur perencanaan dan keuangan daerah menjadi acuan pemerintah daerah dalam menyusun perencanaan keuangan daerah. 

Provinsi, lanjut dia, harus membentuk single database agar lebih memudahkan para kepala daerah dalam mengambil sebuah keputusan dan kebijakan untuk melakukan sebuah pembangunan. 

" Nantinya kita akan libatkan KPK dalam Dana Otsus, sehingga Transparasi informasi, Perencanaan, penganggaran, pelaksanaan,pertanggung jawaban dan pelaporan kinerja  serta keuangan di lingkungan Pemerintah Daerah dapat menghasilkan sebuah dokumen perencanaan pembangunan dan pengelolaan keuangan yang baik" tandasnya.

Politisi asal Golkar itu meminta agar program pembangunan infrastruktur yang dikerjakan di provinsi, kabupaten dan kota dapat berkesinambungan dan sinergis dengan Pemerintah Pusat. 

Sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat luas dapat terwujud yaitu mensejahterakan masyarakat dari adanya dana otsus Aceh.

" Provinsi Aceh merupakan salah satu lumbung Devisa seharusnya. Untuk itu saya berharap Musrembang kedepannya harus dengan blue print yang sinkron antar Provinsi, Kabupaten dan Kota. Sehingga apa yang di cita citakan oleh masyarakat aceh dapat terwujud,” tutupnya.

TAGS : Pimpinan DPR Kunker Spesifik Aceh Dana Desa Aziz Syamsuddin




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :