Sabtu, 28/11/2020 09:50 WIB

Kunjungi TCEC, Kemenpar dan Garuda Indonesia Ingatkan Wisatawan Disiplin Protokol Kesehatan

Melalui gerakan #InDOnesiaCare atau I Do Care, Kemenpar bersama Garuda Indonesia mengajak wisatawan untuk mematuhi protokol kesehatan di tengah Pandemi covid-19.

lokasi TCEC

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Ekonomi Kreatif bersama dengan Garuda Indonesia menggalakkan penerapan protokol kesehatan pada tempat wisata, di Indonesia. Salah satunya di Denpasar, Bali.

Melalui gerakan #InDOnesiaCare atau I Do Care, Kemenpar bersama Garuda Indonesia mengajak wisatawan untuk mematuhi protokol kesehatan di tengah Pandemi covid-19.

Protokol kesehatan yang digalakkan kepada para wisatawan, yakni 3M, mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker.

Salah satu destinasi wisata yang wajib menerapkan protokol kesahatan yaitu, Turtle Education and Conservation Center (TCEC). Dimana, TCEC telah menyiapkan sarana pencuci tangan, hingga cek suhu tubuh untuk wisatawan yang berkunjung.

TCEC adalah sebuah wahana konservasi yang diprakarsai oleh sejumlah tokoh pelestarian lingkungan di Bali, WWF, dan Pemerintah Provinsi Bali.

Saat ini, TCEC berperan penting dalam menyelamatkan populasi Penyu di Pulau Dewata itu.

Menurut Ketua Pengelola, I Made Sukanta, TCEC mengumpulkan telur-telur penyu dari pantai saat musim bertelur tiba, yang kemudian ditetaskan dan dipelihara hingga berusia kurang lebih 3-5 bulan.

Ketika itulah, tukik atau anak penyu ini secara massal dilepaskan kembali ke laut agar dapat tumbuh di habitat aslinya. Selain itu, TCEC juga menyelematkan penyu yang cacat akibat tersangkut jaring hingga kail pancingan.

"Penyu disini juga hasil dari penetasan dan ada dari hasil rescue, misal kena jaringan dan pancing. Juga hasil sitaan ilegal," kata Sukanta di Bali.

Sebagai sarana wisata pendidikan, TCEC juga memungkinkan masyarakat untuk menggali wawasan mengenai proses yang berlangsung dalam penyelamatan hewan langka tersebut.

Sementara itu, Kemenpar meminta kepada para wisatawan mencintai lingkungan. Di antaranya dengan cara menjaga kebersihan destinasi wisata yang di kunjungi.

Jika kondisi pandemi telah membaik, Kemeterian bersama dengan Garuda Indonesia meminta para wisatawan untuk menjadi pahlawan bagi negeri sendiri dengan berwisata #DiIndonesiaaja karena #Wonderfulindonesia #BecauseYouMatter

TAGS : Kemenpar Garuda Indonesia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :