Sabtu, 28/11/2020 09:12 WIB

Mau Beken di Kantor? Ini Cara Jitunya

Cara manjur yang dapat Anda lakukan agar beken di tempat kerja, apa saja?

Ilustrasi orang yang menyenangkan di tempat kerja (foto: kaskus)

Jakarta, Jurnas.com – Pernahkah merasa seperti diacuhkan ditempat kerja? Atau, merasa seperti orang asing diatara teman kerja? Tentu saja perasaan ini sungguh tidak nyaman dan menurunkan kreativitas Anda dalam bekerja.

Wajar saja bila Anda memutuskan pindah ke tempat kerja baru untuk memulai semua dari awal. Namun sebaiknya Anda mencoba terlebih dahulu mengubah keadaan buruk tersebut menjadi pekerja yang disenangi oleh teman kerja dan pimpinan tentunya.

Berikut Jurnas berikan beberapa cara manjur yang dapat Anda lakukan agar beken di tempat kerja :

Perhatikan cara penyampaian pesan

Tidak semua orang suka dengan sifat yang terlalu blak-blakan ataupun tertutup. Cobalah memahami lawan bicaramu dan hargai mereka. Bila Anda berbicara, bukan hanya kata-kata saja yang menjadi perhatian orang lain tetapi gestur Anda pun menjadi faktor pendukung utama.

Tataplah mata lawan bicara Anda sehingga mereka akan merasa didengar dan hargai. Selain itu, jangan lupa untuk tersenyum. Seseorang dengan wajah ramah akan lebih disukai dibanding orang yang memasang wajah tegang.

Jaga baik hubungan pertemanan

Jangan pernah Anda memilih-milih pertemanan. Jadilah teman yang menyenangkan untuk semua orang. Hindari pula ikut memusuhi seseorang hanya untuk memuaskan sekelompok orang. Percaya diri dan tidak terlibat percekcokan dengan siapapun.

Bila teman menyampaikan akan hobinya, boleh Anda katakan juga tertarik untuk melakukan hal yang sama. Seseorang akan lebih cepat terhubung dengan orang lain yang memiliki kesamaan. Namun tetap menjadi diri sendiri ya.

Perlu juga diingat, Anda harus menghindari bertanya mengenai hal-hal pribadi, karena terkadang hanya akan menyebabkan orang lain terganggu.

Ramah kepada rekan kerja

Siapapun akan menyukai seseorang yang ramah dan menyenangkan. Walaupun posisi Anda sebagai Bos tetaplah sapa karyawan Anda dengan baik. Bagaimanapun kesuksesan Anda juga tergantung pada mereka.

Bila Anda dapat menghargai siapapun, maka Anda pun akan dihargai oleh orang lain. Bukan itu saja, Anda akan lebih mudah dalam menjalani aktivitas kantor karena memiliki banyak teman yang mendukung.

Perlihatkan semangat Anda di Tempat Kerja

Sebenarnya pimpinan tetap memantau kerja karyawannya. Hal ini seringkali tidak disadari para pekerja. Kinerja setiap pegawai menjadi sorotan serta penilaian dari pimpinan terhadap profesional pegawai itu sendiri.

Lakukan tindaklanjut berupa pertanyaan-pertanyaan setelah bos Anda selesai berbicara. Hal tersebut menunjukkan Anda turut merasa berkepentingan. Dengan rajin bertanya mengenai masalah pekerjaan, pimpinan akan mengenali Anda dengan lebih baik.

Kerjakan sebaik mungkin pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda. Tidak perlu ragu menyampaikan ide-ide cemerlang yang Anda miliki kepada pimpinan. Bos tentu senang bila pekerjanya mempunyai antusias yang tinggi.

Jangan pelit memberikan pujian

Berikan pujian yang tulus bila teman kerja menunjukkan prestasinya. Jauhi rasa iri hati dan merasa minder apalagi ingin menjatuhkannya. Jadikan hal itu sebagai pemicu Anda untuk lebih giat dalam bekerja.

Pujian yang tulus memiliki efek dampak panjang. Jangan lupa untuk menyebutkan namanya, karena dengan begitu mereka tahu bahwa Anda tidak hanya sekadar basa-basi saja. Dengan demikian, teman Anda akan lebih nyaman berteman dengan Anda. Hasilnya, Anda akan disenangi siapapun dan Anda akan menjadi beken di tempat kerja.

 

TAGS : Beken Kantor Cara Jitu




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :