Rabu, 27/01/2021 01:44 WIB

China Siap Tingkatkan Kerja Sama Vaksin COVID-19 Global

China menyerukan koordinasi kebijakan internasional yang lebih kuat untuk membangun jalur cepat perjalanan yang akan memfasilitasi pergerakan global yang tertib.

Presiden China, Xi Jinping, juga sekretaris jenderal Partai Komunis China Central Committee dan ketua Komisi Militer Pusat, menghadiri sebuah pertemuan besar dalam rangka memperingati 90 tahun berdirinya Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) di Aula Besar Rakyat Di Beijing, China, 1 Agustus 2017 ( Foto:Xinhua)

Beijing, Jurnas.com - Presiden China, Xi Jinping mengatakan, China siap meningkatkan kerja sama vaksin virus corona (COVID-19) global, dan menyerukan koordinasi internasional yang lebih baik pada kebijakan untuk memfasilitasi pergerakan masyarakat.

Perusahaan farmasi dan pusat penelitian di seluruh dunia sedang mengerjakan vaksin COVID-19 potensial, dengan uji coba global besar-besaran terhadap beberapa kandidat yang melibatkan puluhan ribu peserta sedang berlangsung.

Saat ini, Negeri Tirai Bambu memiliki lima kandidat lokal yang menjalani uji coba tahap ketiga.

"China bersedia memperkuat kerja sama dengan negara lain dalam penelitian dan pengembangan, produksi, dan distribusi vaksin," kata Xi pada KTT G20 Riyadh melalui tautan video, Sabtu (21/11).

"Kami akan memenuhi komitmen kami, menawarkan bantuan dan dukungan kepada negara berkembang lainnya, dan bekerja keras untuk membuat vaksin menjadi barang publik yang dapat digunakan dan mampu dibeli oleh warga dari semua negara," sambungnya.

Ia juga menyerukan koordinasi kebijakan internasional yang lebih kuat untuk membangun jalur cepat perjalanan yang akan memfasilitasi pergerakan global yang tertib.

Dengan pemikiran itu, Xi mengatakan China akan mengusulkan pembuatan mekanisme di mana hasil tes virus korona para pelancong diakui secara internasional melalui kode kesehatan digital. (Reuters)

TAGS : Xi Jinping China Vaksin COVID-19 Global KTT G20 Riyadh




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :