Sabtu, 28/11/2020 03:00 WIB

Sungai Sosa Meluap, 150 Rumah Tergenang Banjir

Meluapnya Sungai Sosa disebabkan hujan deras yang mengguyur sejak Kamis malam hingga Jumat pagi (20/11), membuat debit air tinggi dan meluap menggenangi pemukiman warga.

Wakil Bupati Padanglawas H Ahmad Zarnawi Pasaribu meninjau warga Sosa yang terkena dampak banjir. (Foto: Ist)

Padanglawas, Jurnas.com - Sungai Sosa di Kecamatan Sosa Kabupaten Padanglawas meluap. Sedikitnya 150 rumah tergenang banjir dan mengganggu aktifitas warga.

Meluapnya Sungai Sosa disebabkan hujan deras yang mengguyur sejak Kamis malam hingga Jumat pagi (20/11), membuat debit air tinggi dan meluap menggenangi pemukiman warga.

Desa Pasar Ujung Batu, Kecamatan Sosa merupakan wilayah paling terdampak banjir. Seratusan rumah di daerah ini terendam dengan ketinggian air mencapai lutut orang dewasa. Air yang bercampur lumpur masuk ke rumah-rumah warga.

Wakil Bupati Padanglawas H Ahmad Zarnawi Pasaribu langsung turun meninjau warga Sosa yang terkena dampak banjir.

Kepada warga Ahmad Zarnawi berpesan untuk meningkatkan kewaspadaan. Sebab saat ini sedang musim penghujan sehingga daerah-daerah yang berada dipinggiran sungai rawan terkena banjir akibat luapan air sungai.

"Saya minta warga tetap waspada, ini masih musim penghujan. Jika banjir makin tinggi segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi," kata Zarnawi, Jumat (20/11).

Zarnawi juga memerintahkan agar dibuat dapur umum dan tenda darurat di dekat lokasi banjir.

Kehadiran Wakil Bupati Padanglawas juga membawa bantuan kebutuhan pokok bagi warga dampak banjir.

Camat Kecamatan Sosa, Asrin Daulay, saat meninjau pemukiman warga yang terdampak banjir mengatakan, banjir disebabkan meluapnya air dari Sungai Sosa karena tingginya curah hujan.

"Curah hujan yang tinggi membuat air Sungai Sosa meluap. Berdasar pendataan yang kita lakukan sedikitnya ada 150 rumah yang dihuni 150 kepala keluarga terdampak," katanya.

Namun, sebutnya, air sudah terlihat menyusut pada Jumat sore, sebagian warga juga mulai membersihkan rumahnya dari genangan air dan lumpur.

TAGS : Padanglawas Banjir Sungai Sosa Ahmad Zarnawi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :