Rabu, 20/01/2021 06:58 WIB

PM India Modi Beri Selamat kepada Biden Lewat Sambungan Telepon

Keduanya membahas prioritas mereka, termasuk mengatasi pandemi virus korona, mempromosikan akses ke vaksin yang terjangkau, mengatasi perubahan iklim dan bekerja sama di Kawasan Indo-Pasifik.

Perdana Menteri India Narendra Modi menyapa petugas saat ia tiba untuk menghadiri perayaan Hari Kemerdekaan di Benteng Merah bersejarah di Delhi, India, 15 Agustus 2020. (Foto: Adnan Abidi/Reuters)

New Delhi, Jurnas.com - Perdana Menteri India, Narendra Modi menyampaikan selamat kepada Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden melalui sambungan telepon.

Kementerian Urusan Luar Negeri India, Rabu (18/11) mengatakan, keduanya setuju untuk bekerja sama untuk lebih memajukan kemitraan strategis global komprehensif Indo-AS.

Disebutkan juga bahwa keduanya membahas prioritas mereka, termasuk mengatasi pandemi virus korona, mempromosikan akses ke vaksin yang terjangkau, mengatasi perubahan iklim dan bekerja sama di Kawasan Indo-Pasifik.

Modi sebelumnya juga menyampaikan selamat kepada Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris pada 8 November melalui akun Twitternya.

Modi mengingat interaksi sebelumnya dengan Biden, termasuk selama kunjungan resminya ke AS pada 2014 dan 2016. Biden telah memimpin Sesi Bersama Kongres AS yang disampaikan oleh Modi selama kunjungannya tahun 2016 ke Washington.

Modi dikenal dengan penampilan publik bonhomie dengan Presiden Donald Trump, yang mengunjungi India Februari lalu.

Meningkatkan pesan anti-China pemerintahan Trump di India, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo dan mantan kepala Pertahanan Mark Esper mengunjungi India seminggu menjelang pemilihan presiden Amerika pada 3 November.

Pompeo dan Esper menandatangani perjanjian memperluas pembagian informasi satelit militer dan menyoroti kerja sama strategis antara Washington dan New Delhi. (AP)

TAGS : Joe Biden Amerika Serikat Donald Trump Kebijakan Perdagangan India Narendra Modi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :