Minggu, 17/01/2021 19:49 WIB

Sumut Jajaki Kerjasama dengan Korsel Bangun Pembangkit Listrik 4.800 Megawatt

Akhirnya kita mengambil alternatif membuat power plan 4.800 megawatt yang digunakan nanti untuk energi di KEK Sei Mangkei.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meneriman bantuan dari PT PLN Unit Induk Wilayah Sumut dalam Program PLN Peduli Sesama berupa Alat Pelindung Diri (APD) di Gubernuran, Selasa (17/11). (Foto: Ist)

Medan, Jurnas.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menjajaki kerjasama dengan Korea Selatan (Korsel) untuk membangun pembangkit listrik berkapasitas 4.800 megawatt di Sei Mangkie, Simalungun.

Gubernur Sumut Edy Rahmyadi menyatakan, penjajakan kerjasama dengan Korsel dilakukan Pemprov Sumut karena belum ada titik terang dari pemerintah pusat dan juga PLN untuk pemenuhan kebutuhan listrik industri di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei.

"Saya sudah sampaikan dengan Dirut PLN dan Pak Luhut (Menko Maritim dan Investasi), dan ini belum ada titik terang. Akhirnya kita mengambil alternatif membuat power plan 4.800 megawatt yang digunakan nanti untuk energi di KEK Sei Mangkei," ujar Edy.

"Dan diharapkan ini tidak akan menganggu regulasi yang ada di Sumut," imbuh Edy yang didamping Kepala Dinas ESDM Sumut Zubaidi Ahmad, saat menerima kunjungan dan bantuan APD Covid-19 dari General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah Sumut M Irwansyah Putra, Selasa (17/11), di Gubernuran, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan.

Gubernur Edy mengatakan, kebutuhan energi ini sangat penting agar investor yang akan berinvestasi di KEK Sei Mangkei tidak mengalihkan investasinya.

Dengan investasi itu, dijelaskan Edy, akan dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Sumut, diperkirakan sebanyak 1.100 jiwa dari data saat ini.

Dikesempatan itu, Gubernur Edy juga mengapresiasi PT PLN Unit Induk Wilayah Sumut yang telah memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumut, untuk mempercepat penuntasan pandemi Covid-19 di daerah ini.

Total bantuan yang diterima senilai Rp151.407.000 berupa face shield 340 pcs, kacamata googles 340 pcs, masker bedah 444 pcs, baju hazmat 500 pcs, sepatu boots 200 pasang dan shoes cover 53 box. Bantuan ini akan segera disalurkan untuk petugas medis yang menangani Covid-19.

"Kita ucapkan terima kasih banyak. Penanganan Covid-19 ini memang harus kita prioritaskan dan harus kerja sama dari semua pihak," ucap Edy Rahmayadi yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Sumut.

Sebelumnya, General Manager PT PLN UIW Sumut M Irwansyah Putra dalam kunjungan itu menyatakan, bahwa bantuan APD ini merupakan kepedulian PLN Sumut dalam percepatan penanganan Covid-19 di Sumut.

Terkait kebijakan Gubernur Edy yang akan membangun pembangkit listrik di daerah ini, di luar PLN, Irwansyah mengatakan hal itu dapat dipahami oleh pihak PLN, karena kebutuhan yang mendesak untuk mendatangkan investor di Sumut.

"Ada pun kebijakan Pak Gubernur untuk membangun pembangkit dan lain sebagainya, itu di luar daripada konsentrasi kerja. Namun koordinasi kerja tetap berjalan, ini merupakan salah satu cara untuk mendatangkan investor ke Sumut," katanya.

TAGS : Medan Edy Rahmayadi PLN KEK Sei Mangkei




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :