Selasa, 23/04/2024 18:56 WIB

Ketua II LPTQ Sumut : Sejumlah Cabang Potensial Dulang Emas di MTQN Padang

Dari 13 cabang yang diikuti kafilah Sumatera Utara (Sumut), ada beberapa cabang yang potensial memberikan hasil terbaik dan diharapkan mampu mendulang emas.

Ketua II LPTQ Sumut Palit Muda Harahap. (Foto: Ist)

Padang, Jurnas.com - Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-28 di Kota Padang, Sumatera Barat, telah resmi dibuka secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo, Sabtu malam (14/11). Satu demi satu cabang di MTQN ini mulai diperlombakan.

"Dari 13 cabang yang diikuti kafilah Sumatera Utara (Sumut), ada beberapa cabang yang potensial memberikan hasil terbaik dan diharapkan mampu mendulang emas," kata Ketua II LPTQ Sumut Palit Muda Harahap, yang dihubungi via telepon, Minggu (15/11/2020), di pemondokan kafilah Sumut di Hotel Ibis, Kota Padang.

Disebutkan Palit Muda, dalam menyiarkan Alquran, memang tidak boleh ditargetkan harus juara. Tetapi dengan persiapan yang matang dan upaya yang kuat dari seluruh tim kafilah Sumut, diharapkan bisa memberi hasil yang terbaik.

"Beberapa cabang yang diperlombakan, kita memang punya beberapa kafilah yang sudah berprestasi dan InsyaAllah bisa meraih emas pada MTQN di Padang ini," imbuhnya.

Untuk cabang perlombaan yang potensial mendulang emas antara lain, hafalan 10 juz putra dan hafalan 20 juz putra. "As`ad Saifullah saat ini menjadi peserta hafalan Alquran 10 Juz putra dan Rizki Maulana untuk hafalan Alquran 20 Juz putra mewakili Sumut. Mereka ini adalah juara internasional Asia Pasifik tahun 2019, As`ad Juara II cabang hafalan 10 juz, dan Rizki menjadi juara satu cabang hafalan 20 juz," ujarnya.

Selain itu, jelas Palit, cabang Tilawah Remaja Putra-Putri juga berpeluang mendulang emas. Untuk cabang ini Sumut mengandalkan Ahmad Khairi Novandra dan Sri Wahyuningsih yang menjadi juara `Indonesia Mengaji` pada program salah satu stasiun televisi nasional, dan mendapatkan kesempatan mewakili Indonesia ke MTQ Internasional.

"Andra dan Sri adalah juara satu di Program Indonesia Mengaji, dan Sri itu sudah menjadi juara II pada saat pelaksanaan MTQ Nasional tahun 2018 lalu. Mudah-mudahan mereka kembali sukses pada pergelaran MTQ Nasional kali ini," terang Palit.

Disampaikan juga, persiapan matang sudah dilakukan mulai dari MTQ Provinsi Sumut yang dilaksanakan di Kota Tebing Tinggi.

"Sudah kita upayakan untuk mencari perwakilan yang terbaik. Hampir 50% tilawah kita orang baru, selebihnya adalah orang lama yang sudah pernah mengikuti MTQ Nasional," tambahnya.

Terakhir, Palit pun memohon doa dari segenap warga Sumut agar kafilah Sumut diberikan hasil yang terbaik. 

"Kepada kafilah lakukan saja yang terbaik, minimal dapat dipertahankan untuk posisi tiga besar, sebab kita sudah masuk tiga besar di MTQ Nasional 2018 di Sumut, dan juga tiga besar STQ Nasional ke-25 di Pontianak. Kita doakan bersama mudah-mudahan tahun ini bisa lebih baik lagi," harap Palit.

Kafilah Sumut yang mengikuti perlombaan Cabang Tilawah Remaja di MTQ kali ini, Ahmad Khairi Novandra, mengaku perlu perjuangan keras dan persiapan yang matang untuk mewujudkan apa yang diharapkan.

"Alhamdulliah, saya diberikan kepercayaan mewakili Sumut pada MTQN kali ini, insyaallah saya akan berusaha memberikan hasil terbaik untuk Sumut. Doakan saya dan mohon dukungan seluruh masyarakat Sumut," ujar Ahmad Khairi yang diwawancarai lewat telepon.

KEYWORD :

Padang MTQN Kalifah Palit Muda




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :