Kamis, 28/01/2021 12:15 WIB

Pejabat Tinggi China Puji Pemimpin Hong Kong Carrie Lam

Lam didampingi oleh beberapa pejabat tinggi kota, yang menurutnya menunjukkan luasnya integrasi Hong Kong ke dalam pembangunan nasional China.

Carrie Lam (Kiri) dan Xi Jinping saat pelantikan Lam sebagai pemimpin baru Hong Kong (Foto: Xinhua)

Beijing, Jurnas.comPemimpin Hong Kong, Carrie Lam menerima pujian dari seorang pejabat tinggi China untuk memulihkan ketertiban dan menghidupkan kembali ekonomi di wilayah semi-otonom.

Wakil Perdana Menteri China, Han Zheng, yang bertemu Lam pada hari terakhir dari kunjungan empat harinya ke Beijing, mengatakan bahwa pemerintahnya telah mengatasi semua jenis kesulitan dan mengatasi tantangan tersebut.

Hong Kong didera protes tahun lalu yang menuntut pemilihan umum yang sepenuhnya demokratis dan menentang pengaruh China yang meluas dalam urusan kota. Lam, yang dipilih sebagai pemimpin komite yang didominasi oleh anggota pro-Beijing, dituduh terlalu dekat dengan pemerintah pusat.

China menanggapi dengan memberlakukan undang-undang keamanan nasional untuk Hong Kong awal tahun ini yang telah membatasi protes, yang sudah berkurang karena pembatasan COVID-19 pada pertemuan publik.

Han, salah satu dari tujuh anggota badan pimpinan tertinggi Partai Komunis yang berkuasa, memuji pemerintah Lam atas penanganan pandemi, meringankan beban ekonomi penduduk, menerapkan undang-undang keamanan nasional dan melindungi stabilitas Hong Kong.

Lam didampingi oleh beberapa pejabat tinggi kota, yang menurutnya menunjukkan luasnya integrasi Hong Kong ke dalam pembangunan nasional China.

Ia menuju ke Guangdong, provinsi selatan yang berbatasan dengan Hong Kong, Jumat malam untuk pembicaraan ekonomi di Greater Bay Area, sebuah wilayah yang juga termasuk Macao di dekatnya. (AP)

TAGS : China Pemimpin Hong Kong Carrie Lam




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :