Rabu, 24/04/2024 13:31 WIB

Guru Besar ITB Ini Ditunjuk jadi Dirjen Migas

Gedung Kementerian ESDM (Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Setelah sempat alami kekosongan selama setahun, akhirnya Presiden Joko Widodo menunjuk pejabat Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Sumber Daya Mineral (ESDM).

Joko Widodo menunjuk Guru Besar Teknik Pertambangan dan Perminyakan Institut Teknologi Bandung (ITB) Tutuka Ariadji sebagai Dirjen Migas.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ESDM Arifin Tasrif membenarkan penunjukan Tutuka pada Selasa (4/11/2020)

Seperti diketahui, pada Juli 2019 Menteri ESDM Ignasius Jonan merotasi Djoko Siswanto yang saat itu menjabat sebagai Dirjen Migas menjadi Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional. Namun setelah itu, Djoko Siswanto merangkap menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Migas.

Tapi pada Januari 2020, Menteri ESDM Arifin Tasrif mencopot Djoko Siswanto sebagai Plt Dirjen Migas dan mengalihkannya kepada Ego Syahrial yang merangkap sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM.

Lelang jabatan untuk posisi Dirjen Migas pun telah dilakukan sejak tahun lalu. Bahkan, posisi Dirjen Migas ini lebih lama ditentukan daripada posisi Dirjen Mineral dan Batu Bara (Minerba) yang baru kosong pada Mei 2020 akibat pensiunnya Dirjen Minerba Bambang Gatot Ariyono. Ridwan Djamaluddin, mantan Deputi III Bidang Koordinasi Infrastruktur Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pun akhirnya diangkat menjadi Dirjen Minerba pada 10 Agustus 2020 lalu.

Dikutip dari situs ITB, Tutuka meraih gelar S2 dan S3 di Texas A&M University, Amerika Serikat masing-masing pada 1994 dan 1996, dan menamatkan S1 di ITB pada 1988.

Kini, Tutuka menjadi Guru Besar Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB dengan kelompok keahlian Teknik Pemboran, Produksi dan Manajemen Migas.

KEYWORD :

Tutuka Ariadji Dirjen Migas ESDM




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :