Rabu, 03/03/2021 02:51 WIB

BBPLK Medan Latih SDM Sulut Bidang Perhotelan

Kontraksi akibat Covid-19, diharapkan berkurang dengan sejumlah peningkatan kualitas SDM, khususnya pada bidang perhotelan di Kota Manado

BBLK Medan Latih SDM Sulut Bidang Perhotelan (Humas Kemnaker)

Manado, Jurnas.com - Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBLK) Medan menggandeng sejumlah tenaga kerja muda Sulawesi Utara untuk pelatihan hybrid learning system di Bidang Perhotelan selama dua bulan.

Sebanyak 34 pemuda asal Sulut mengikuti dua paket pelatihan kejuruan Front Office dan Housekeeping secara terpisah di Manado, Sulut, pada Selasa (3/11/2020).

Dalam sambutannya, saat membuka pelatihan, Dirjen Binalattas Kemnaker, Budi Hartawan menegaskan kontraksi akibat Covid-19, diharapkan berkurang dengan sejumlah peningkatan kualitas SDM, khususnya pada bidang perhotelan di Kota Manado.

"Kami harap peserta pelatihan agar menerapkan kemajuan teknologi informasi untuk meningkatkan akses pelatihan. Selain itu, untuk memastikan agar kompetensi SDM sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, diperlukan pula dukungan dari industri untuk mendampingi proses pelatihan, " kata Budi Hartawan.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga dan Transmigrasi Sulut, Erny B Tumundo memberikan apresiasi yang tinggi atas kesempatan generasi muda di Sulut untuk membantu pengembangan sektor pariwisata dari sisi tenaga kerja berkompeten di perhotelan yang sempat tersendat dengan adanya Covid-19.

Sementara Kepala BBPLK Medan, M. Ali menambahkan program pelatihan yang dilaksanakan adalah program pelatihan Room Attendant yang akan membekali peserta dengan aspek teoritis secara online dan pelatihan langsung.

Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulut, I Putu Anom Dharmaya juga memberikan pujian terhadap kinerja BBPLK yang memberi bukti membangun Indonesia termasuk Sulut.

TAGS : Kinerja Menteri Tenaga Kerja BBLK Medan Manado Perhotelan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :