Jum'at, 22/01/2021 00:18 WIB

Emir Qatar Umumkan Gelar Pemilihan Dewan Syura Tahun Depan

Rencana untuk pemilihan umum parsial untuk 45 anggota dewan penasihat teratas telah ditunda selama beberapa tahun.

Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani. (Handout via Qatar News Agency)

Doha, Jurnas.com - Emir Qatar, Syaikh Tamim bin Hamad Al Thani mengatakan negara Teluk akan mengadakan pemilihan untuk dewan penasihat Syura pada Oktober 2021, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

"Ini adalah langkah penting untuk memperkuat tradisi penasehat Qatar dan mengembangkan proses legislatif dengan partisipasi warga yang lebih luas," kata Al Thani saat berpidato di pembukaan Dewan Syura pada Selasa (3/11).

Rencana untuk pemilihan umum parsial untuk 45 anggota dewan penasihat teratas telah ditunda selama beberapa tahun. Tahun lalu, Al Thani memerintahkan pembentukan sebuah komite untuk mengatur pemilihan tetapi tidak mengumumkan tanggal pemungutan suara.

Setelah pemilu, kekuasaan dewan diharapkan akan diperluas untuk mencakup kemampuan memberhentikan menteri, menyetujui anggaran nasional, dan mengusulkan undang-undang.

Konstitusi negara, yang disetujui dalam referendum tahun 2003, menyerukan pemilihan untuk 30 kursi Dewan Syura negara itu, yang menasihati para penguasa turun-temurun. 15 kursi lainnya ditunjuk oleh emir.

Tidak segera jelas persyaratan kelayakan apa, seperti usia minimum yang harus dipenuhi oleh warga Qatar untuk dapat memilih.

Di negara tetangga Uni Emirat Arab, pemilih dipilih oleh penguasa negara itu.

Kuwait dan Bahrain sama-sama telah memilih parlemen, yang memiliki pengaruh, meskipun pengambilan keputusan akhir ada di tangan para penguasa negara-negara Teluk Arab.

TAGS : Qatar Syeikh Tamim bin Hamad Al Thani Dewan Penasihat Syura




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :