Jum'at, 19/04/2024 22:06 WIB

Presiden Barcelona Josep Bartomeu Mengundurkan Diri

Josep Maria Bartomeu mengundurkan diri pada Rabu (28/10) dini hari. Seluruh dewan juga dikabarkan ikut mengundurkan diri dari jabatan mereka.

Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu mengundurkan diri (Foto: Goal)

Madrid, Jurnas.com - Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu mengundurkan diri pada Rabu (28/10) dini hari. Seluruh dewan juga dikabarkan ikut mengundurkan diri dari jabatan mereka.

Keputusan Bartomeu muncul beberapa bulan pasca El Blaugrana menderita kekalahan memalukan 8-2 dari Bayern Munich di Liga Champions, serta permintaan mengejutkan Lionel Messi untuk meninggalkan klub tak lama kemudian.

Meski Barcelona akhirnya mampu mempertahankan Messi musim ini, posisi Bartomeu terus mendapat sorotan.

Dikutip dari Goal, Bartomeu akan secara resmi akan mengakhiri masa jabatannya tahun depan, sebab pemilihan umum akan digelar pada Maret mendatang. Tapi anggota klub menyerukan mosi tidak percaya dalam upaya untuk mengeluarkan Bartomeu segera.

Sebanyak 20.687 suara dikumpulkan untuk mosi menentang Bartomeu, melewati ambang 16.250 tanda tangan yang diperlukan agar pemungutan suara dapat dilanjutkan.

Dewan Barca berulang kali mencoba untuk menunda pemungutan suara tetapi, pada Senin (26/10) lalu, otoritas lokal menolak dorongan klub untuk menunda proses tersebut.

Akibatnya, pemungutan suara ditetapkan untuk dilanjutkan dalam beberapa minggu mendatang, tetapi tidak lagi diperlukan karena Bartomeu dan dewan direksi telah mengundurkan diri.

Bartomeu awalnya bergabung dengan Barca selama kepresidenan Joan Laporta dan naik jabatan pada Januari 2014.

Dia menggantikan Sandro Rosell, menjadi Presiden ke-40 Barcelona saat dia menandatangani kontrak untuk menyelesaikan sisa masa jabatan Rosell setelah pengunduran dirinya.

Selama masa kepemimpinannya, Barca memenangkan La Liga empat kali serta Liga Champions 2014-2015.

Setelah kesulitan menggaet pemain di bursa transfer sejak kepergian Neymar untuk bergabung dengan Paris Saint-Germain, Barca menyelesaikan musim 2019-2020 tanpa trofi.

KEYWORD :

Josep Maria Bartomeu Barcelona Presiden Barca




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :