Kamis, 03/12/2020 17:58 WIB

PDIP Sebut Pemuda Topang Ekonomi Indonesia Hadapi Krisis

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang banyak dimotori oleh kalangan muda. 

Eriko Sotarduga (jaket hitam) dan Hasto Kristiyanto (jaket merah)

Jakarta, Jurnas.com - Peranan pemuda Indonesia dinilai sangat besar dalam menopang kekuatan ekonomi Indonesia di tengah krisis yang menerpa akibat Pandemi Covid-19.

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sotarduga mengatakan, bangsa-bangsa di dunia menghadapi krisis akibat pandemi Covid-19. Bahkan International Monetary Fund (IMF) memprediksi bahwa kerugian akibat pandemi Covid-19 mencapai USD12 Triliun.

Meski demikian, lanjut Eriko, ekonomi di Indonesia masih terus bertahan meski krisis ekonomi sangat dahsyat terjadi. Hal ini dikarenakan ditopang oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang banyak dimotori oleh kalangan muda.

"Apa yang luar biasa yang bisa membuat ini semua ini bertahan? UMKM. Dan ini umumnya ditangani oleh orang-orang muda, ditangani oleh generasi muda," kata Eriko saat Rakorbidnas Bidang Pemuda dan Olah Raga dengan tema Optimisme dan Peran Serta Pemuda di Masa Pandemi Covid-19 secara virtual, Selasa (27/10/2020).

Dalam peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini, Eriko menyebut berbagai kegiatan dilakukan oleh DPP PDI Perjuangan bidang Pemuda dan Olahraga.

Pertama, mengadakan lomba desain masker yang diikuti oleh pelajar dan mahasiswa. Anggota Komisi IV DPR RI ini menyebut sudah ada 120 peserta yang mengikuti desain ini. Bahkan ini sudah dinilai oleh dewan juri yang merupakan budayawan, dan salah satu jurinya adalah Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

"Lomba desain masker ini menjadi role model nanti bisa diterapkan di tingkat kabupaten, di tingkat DPD, maupun saudara-saudaraku yang berada di ormas maupun komunitas juang PDI Perjuangan. Desain masker perlu karena masker saat ini sudah jadi kebutuhan pokok seperti sandang, pangan, papan, dan sekarang masker," ungkapnya.

Kedua, kata Eriko, sesuai pesan Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri agar menjembatani antara petani sengan konsumen secara langsung, maka PDI Perjangan membuat Petaniup sebagai startup menjembatani perdagangan antara petani dan konsumen.

Ketiga, lanjut Eriko, DPP PDI Perjuangan bidang Pemuda dan Olahraga membangun komunitas bisa ekspor, sehingga apa yang diinginkan oleh masyarakat dunia bisa dijembatani dan diketahui oleh masyarakat Indonesia.

"Maka itu kita gelar webinar dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, VP of Corporate Services TaniFund Astri Purnamasari, dan Pendiri Komunitas Bisa Ekspor Julio Halim, untuk melihat peran anak muda memberikan sumbangsih untuk masyarakat Indonesia," tegasnya.

Menurut Eriko, pesan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sangat penting bahwa generasi muda mempunyai tanggung jawab yang besar untuk membawa bangsa ini lebih hebat lagi ke depan ini. Apapun masa depan dunia, salah satu ditentukan oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Terakhir, satu hal ingin saya ucapkan kembali ungkapan Bung Karno: Beri aku seribu orang tua niscaya akan aku cabut semeru dari akarnya. Dan beri aku seribu pemuda niscaya akan aku guncangkan dunia," tuntas Eriko Sotarduga.

TAGS : Sumpah Pemuda PDI Perjuangan Covid-19 Eriko Sotarduga




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :